Buku,  Waktu Jeda

Review Buku Parenting Happy Little Soul – Retno Hening

Buku parenting favorit aku karena ditulis berdasar pengalaman tapi tidak mengabaikan ilmu atau teorinya. Jadi gampang dipahami Ibu baru seperti saya ini.

 

 

Judul Buku : Happy Little Soul

ISBN          : 978-979-780-886-0

Penulis        : Retno Hening Palupi

Penerbit      : Gagas Media

Cetakan      : Ketujuh, 2017

Tebal          : 180 halaman

Genre         : Parenting

Harga         : Rp 80.000 (Gramedia)

 

Ekspektasi Sebelum Membaca

Aku tahu ada buku ini waktu masih kuliah. Selain terlihat mentereng di rak-rak toko buku kenamaan, aku juga tahu buku ini di tumpukan koleksi buku milik temanku. Termasuk lingkaran teman dekat yang aku pikir bacaan dia tuh suka yang melo-melo. Iyas, kondisi hatiku pas waktu itu kaya sok tegar. Jadi nggak butuh bacaan melo-melo. Aku kira, buku Mbak Retno Hening ini cerita tentang cinta masa muda sampai tokohnya di usia menikah. Wah, jauh banget ya. Itu karena aku nggak baca sinopsisnya dan nggak ngikutin ceritanya Kirana.

Baru waktu hamil, sekitar tahun 2018an aku baru nggeh ada Kirana di dunia ini. Seketika aku follow IG Mbak Retno Hening. Baru aku tahu, kalau Happy Little Soul itu ternyata kisah paranting Retno Hening. Aku nggak langsung beli. Karena masih banyak list buku parenting yang harus aku beli. Baru setelah lahiran, aku beli. Belinya pun memang karena merasa butuh refrensi sebagai Ibu baru yang tidak tahu apa-apa.

Setelah buku di tangan. Aku pikir buku ini isinya curhatan yang hanya diceritakan tanpa ada pembahasan mendalam. Tapi kenapa tetap pengen baca? Pertama penasaran karena pernah hits dan kebetulan sebagai orang tua baru aku juga butuh refrensi tentang mendidik anak.

 

Kejutan yang bikin Happy

Sudah tentu ekspektasiku salah total. Buku ini ternyata bukan sekedar curhatan seorang Ibu dalam mengurus anaknya. Atau curhatan seorang isteri tentang solah tingkah suami. Tapi berisi ilmu dan pengalaman parenting yang sudah dilaksanakan dan dialami sendiri oleh Mbak Retno Hening. Sebagai Ibu, ilmu parenting yang dibagikan Mbak Retno Hening itu nendang banget. Buku ini nggak hanya untuk dinikmati sebagai refresing tetapi juga harus diresapi sebagai referensi.

Mbak Retno Hening menceritakan, apa-apa saja yang dia lakukan bersama anaknya sejak umur 0 sampai 3 tahun. Meskipun bukan lulusan psikologi, Mbak Retno Hening rupanya banyak belajar tentang parenting. Tidak hanya sekedar menelan teori saja. Tapi juga melaksakannya dengan penuh suka cita. Itu terlihat dari tulisannya yang begitu detail menjelaskan tentang apa saja yang dia lakukan bersama Kirana di setiap fase usia Kirana.

Selain menceritakan hal-hal teknis seputar parenting untuk anak 0-3 tahun, Mbak Retno Hening juga mengungkap perasann setelah perannya berganti menjadi Ibu. Meskipun curhatan, tepi bagian ini lebih terasa memunculkan empati kepada seorang Ibu. Bagaimana perjuangan Ibu sejak saat bayi itu diinginkan hadir dalam rahimnya sampai dipertemukan di dunia.

Yang paling menarik adalah, bagaimana Mbak Retno Hening ini membagikan tips dan trik bagaimana mendengar dan memahami bahasa anak. Bagaimana kita sebagai Ibu untuk lebih sabar dan rendah hati dalam membersamai anak. Dengan ini, anak juga lebih merasa dihargai sehingga sifat empatinya muncul karena dididik juga dengan empati. gar anak pun juga ikut bahagia. Bagaimana seorang Ibu harus bahagia aSalut banget untuk yang ini.

 

Sampul Buku

Katanya ada dua jenis sampul pada buku ini yaitu hard cover dan soft cover. Aku punya yang soft cover. Aku suka banget ilustrasi sampulnya. Seorang bocah yang sedang melongo, seperti menengok dari balik pagar, matanya berbinar, seperti penasaran. Seolah menggambarkan bayangan pembaca yang penasaran ketika melihat buku ini. Sampulnya warna biru, jelas aku suka karena biru warna favorit aku. Pemilihan font pada judul juga asik. Jadi lebih semangat untuk mengambil bukunya.

 

Isi Buku

Buku ini isinya nggak hanya tulisan-tulisan aja. Tapi juga ilustrasinya menarik. Sehingga pembaca nggak jenuh menikmati buku ini. Keseluruhan isi buku ini adalah cerita antara Mbak Retno Hening dengan Kirana usia 0 sampai 3 tahun. Adapun bab-bab dalam buku ini antara lain :

Bab 1 : Selamat Datang Cahaya

Bab ini tentang penantian Mbak Retno Hening akan hadirnya sang buah hati sampai persalinan yang dinanti.

Bab 2 : Saling Jatuh Cinta

Bab ini bicara tentang membangun ikatan lewat komunikasi.

Bab 3 : Mari Saling Bicara dan Memahami

Baru, di bab ketiga ini lebih ke teknis berkomunikasi dengan anak.

Bab 4 : Bekerja Sama dengan Anak, Yuk!

Bab ini solutif banget. Sebagai Ibu yang banyak banget kerjaannya, bab ini bcara tentang bagaimana mengajak anak berkompromi dengan pekerjaan Ibu dan sebaliknya bagaimana Ibu berkompromi dengan perkejaan anak yaitu bermain.

Bab 5 : I love You, I Apriciate You

Bab ini ngublek-ngublek tentang menghargai sekecil apapun yang dilakukan anak dengan setulus hati.

Bab 6 : Bermain dan Belajar

Lebih pada cerita kegiatan-kegiatan utama seorang Ibu saat menghabiskan waktu bersama anaknya.

Bab 7 : Do Fun Things Follow The Rules

Disini dibahas tentang pentingnya aturan tapi tetap disampaikan dengan suka cita.

Bab 8 : Let’s Be Creative Parents!

Nah, akhirnya aku merasakan juga berada di bab ini. Kalau-kalau anak GTM Ibu harus kreatif sedikan makanan. Kalau-kalau juga anak bosan, Ibu juga harus kreatif bikin ide mainan.

Bab 9 : Mengajarkan Kebaikan

Hal-hal baik yang harus diajarkan di anak dibahas dalam bab ini.

Bab 10 : Dont Give Up! We Are Special

Disinilah pentingnya sebagai orang tua menerima kekurangan dan kelebihan anak agar bisa terus menyemangati anak untuk berjuang atas kekurangannya dan menysukuri kelebihannya.

Bab 11 : Menjadi Ibu Bahagia

Bagaimana menjadi Ibu yang bahagia agar anak juga bisa tumbuh bahagia? Dibahas dalam bab ini.

 

Kelebihan Buku Ini

  • Bahasanya mudah dipahami dan komunikatif.
  • Praktical dan emotional banget mengemasnya. Sebagai Ibu, baca buku ini nggak bisa dijeda. Pengennya terus aja lanjut baca karena terbawa emosi Retno Hening dalam membersamai anaknya dengan penuh cinta. Nah, baru kalau butu-butuh hal terntentu, bab yang teknis bisa dibuka lagi.
  • Ada ilustrasinya yang bikin menarik di beberapa halaman.
  • Ditulis dengan poin-poin sehingga kalau suatu hari mau baca ulang, gampang nyarinya.
  • Halamannya warna-warni bikin nggak jenuh di mata.

 

Kekurangan Buku Ini

Kurangnya cuma satu aja. Nggak ada daftar isi. Tapi dengan tiap bab punya warna halaman yang beda, jadi lumayan bantu untuk membuka buku ini lagi per bab-nya.

 

Kesimpulan

Buku Happy Little Soul merupakan buku pertama Mbak Retno Hening yang menceritakan cara parentingnya terhadap Kirana. Meskipun bukan lulusan psikologi, Retno Hening menjelaskan dengan detail tereperinci dan begitu emostional. Sehingga saya Ibu yang baca, nggak hanya paham tentang tehnik-tehnik parenting tapi juga turut merasakan bagaimana perjuangan menjadi Ibu.

 

Ibu satu anak yang lahir tahun 90'an. Menulis tentang keseharian sebagai Ibu dan berbagi sudut pandang sebagai praktisi hukum. Tertarik dengan isu dan gaya hidup perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *