Dapur,  Jurnal Ibu

Siapapun yang Masak, Ada Yummy App #MasakItuGampang

Pekerjaan rumah tangga seperti memasak, sering kali dipersepsikan sebagai kegiatan wanita. Seorang Mama yang harus bertanggung jawab dengan dapur, seolah menjadi stigma yang tidak bisa dilepas begitu saja. Berdasarkan riset yang dilakukan HILL ASEAN STUDIES 2018, ada 60% istri bekerja di Indonesia. Sayangnya, kurang dari 3 di antara 10 suami yang hanya bersedia memasak. Ini miris ketika para istri ikut bertanggung jawab dengan finansial keluarga, suami malah tidak ikut mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Salah satunya memasak.

Kalau dirunut dari sisi budaya, wanita berada di rumah sebenarnya untuk dilindungi. Sedangkan laki-laki bekerja di luar rumah menunjukkan laki-laki itu itu pelindung wanita. Padahal, untuk mendidik anak dan bisa melakukan komunikasi dengan baik kepada pasangan perlu ilmu yang harus dipelajari. Belajar bukan berarti harus sekolah. Lagi pula, belum ada sekolah rumah tangga dan mengasuh anak yang dikelola secara formal. Maka dari itu kemandirian dalam belajar sangat diperlukan dalam hal ini. Sebagai #MilennialMama yang juga sibuk dengan kerjaan, aku cukup terbantu dengan adanya plat form online Popmama. Di situs itulah aku banyak belajar tentang cara merawat bayi, pengasuhan anak, rumah tangga, hubungan suami isteri, intinya seputar kehidupan sebagai Mama. Artikel yang disajikan ringkas, bisa aku baca sembari menunggu giliran sidang atau menunggu klien datang. Begitulah caraku waktu luang di setiap kesempatan untuk belajar.

Platform Popmama.com, memudahkan #Mamamillenial untuk mendapatkan informasi seputar parenting dan keluarga.

Aku selalu membagikan hasil belajarku itu kepada suami. Tidak jarang, itu jadi bahan diskusi. Aku dan suami sepakat baik rumah, anak, termasuk financial dalam keluarga merupakan tanggung jawab bersama. Tidak terkecuali urusan dapur. Aku bersyukur karena suami tidak mengharuskanku untuk selalu memasak. Sebagai Ibu menyusui, tidak mudah untuk berlama-lama di dapur. Kalau aku sedang menyusui, suamikulah yang sibuk di dapur. Bisa dibilang lebih enak dari masakanku. Aku sendiri lebih berperan dalam belanja bahan. Bahan apapun aku beli tidak mempertimbangankan untuk dimasak apa. Sampai rumah simpan kulkas baru kalau mau masak mikir, enaknya masak apa.

 

Kendala Dalam Memasak

Meskipun dikerjakan bersama, bukan berarti tanpa kendala. Aku dan suami sama-sama otodidak belajar masaknya. jadi perlu belajar sana-sini biar ngerti cara masak. Biasanya kendala kami dalam memasak itu, tuh ini :

 

Solusi #MasakItuGampang

Nah, sejak aku tahu ada applikasi resep Masakan yang bikin #MasakItuGampang, aku dan suami hampir nggak pernah kebingungan soal masak.  Aplikasi itu bernama Yummy App. Aku tahu ada aplikasi resep Masakan sebagus ini juga dari Popmama. Waktu itu, aku lagi cari cara membuat menu MPASI yang gampang. Secara, membuat menu MPASI itu harus kreatif untuk menangkal anak GTM (Gerakan Tutup Mulut).

Setelah aku tahu Yummy App, aku kasih tahulah aplikasi resep Masakan ini ke suamiku. Eh, ternyata suamiku tercinta  juga suka sama aplikasi ini.

Kenalan Sama Yummy App

Apa sih, sebenarnya Yummy App itu? Nyamankan posisi duduk kalian, dan akan aku uraikan. Simak baik-baik ya…

 

Asal Mula Yummy App

Ymmy App ini muncul dari kesuksesan akun “Yummy Indonesia” di facebook dan @yummy.idn di instagram. Akun tersebut eksis sejak tahun 2016 dengan isi konten berupa resep masakan yang enak, ringan, dan mudah dipahami orang awam. Ymmy sendiri merupakan media multi-platfom dalam IDN Media. Setelah sukses dengan follower instagram mencapai 1,9 juta, 2019 lalu Yummy resmi meluncurkan aplikasi resep Masakan yang bikin #MasakItuGampang bernama Yummy App. Pas banget itu, aku dan suami lagi awal-awal nikah dan masih sering bingung soal masak.

 

Yummy App sebagai Aplikasi Resep Masakan

Nggak perlu khawatir memori penuh. Karena ukuran Yummy App cuma 15 MB. Per bulan Mei, Yummy App sudah di download lebih dari 1 juta pengguna. Ratingnya 4,5 bintang dengan lebih dari 12 ribu ulasan. Jadi menurutku Yummy App benar-benar hidup gitu, loh karena banyak pengulasnya. Apalagi dengan keberhasilan aplikasi resep Masakan ini mendapat Google Play Best of 2019, bikin aku makin percaya sama aplikasi ini.

Tampilan Yummy App

Tampilan Yummy App itu simpel dan mudah dipahami orang awam kaya aku gini. Pilihan fiturnya ditampilkan dengan jelas. Jadi, kita nggak perlu bingung. #MasakItuGampang tinggal klik. Beres.

 

Bergabung dengan Yummy App

Setelah download Yummy App, kita perlu mendaftar dulu dengan mengisi kelengkapan data. Nggak ribet kok. Setelah sukses, tinggal pakai aja. Langsung bisa cari resep masakan pilihan.

 

 

Fitur Menarik Yummy App

Jadi, apa sih yang menarik dari Yummy App? Banyak banget. Yang jelas, Yummy App ini ngebantu banget dalam mengatasi masalah masak. Pokoknya, #MasakItuGampang selama ada Yummy App. Fitur yang ada di Yummy App jelas beda dengan aplikasi resep Masakan yang lainnya. Kenapa? Karena Yummy App punya fitur canggih seperti berikut :

 

Fitur Memasak

Sebagai solusi #MasakItuGampang, Yummy App menghadirkan resep masakan yang mudah dipahami dan ringan dan sangat jelas. Selain resep yang diuraikan secara tertulis, juga ada vidionya yang bisa kita tonton sehingga kita bisa lihat langusng bagaimana proses masaknya.

Resep Rekomendasi

Resep rekomendasi ini, selain bisa kita dapatkan pada tampilan Home juga bisa kita dapatkan pada notifikasi. Pada tampilang Home, aplikasi resep Masakan ini akan memberikan rekomendasi resep masakan berdasarkan katagori yang bisa kita pilih. Sedangkan pada notifikasi, kita bisa mendapat rekomendasi berdasakan keadaan yang sekarang terjadi. Misal musim covid-19, nih. Ada rekomendasi resep untuk menjaga imunitas.

 

Tinggal Pilih Bahan

Ini fitur masak yang paling aku suka. Karena lebih suka belanja bahan dan menyimpannya di kulkas, fitur ini ngebantu banget waktu benar-benar bingng mau masak apa. Misalnya nih, di kulkas cuma ada ayam. Tinggal kita pilih gambar ayam, klik, rekomendasi berbagai resep tentang ayam langsung muncul di layar ponsel kita. Gampang, kan! Kita tinggal pilih resep masakan yang ingin kita coba.

 

Resep Gratis Chef Ternama

Ada rekomendasi resep dari Chef Gilang di Yummy App. Sebagai penggemarnya, suamiku jadi makin senang dengan aplikasi resep Masakan ini. Selain Chef Gilang, masih ada chef ternama lainnya seperti Chef Arnold, dan lain-lain. Bersyukurlah, karena rekomendasi resep dari chef ini bisa kita nikmati secara gratis.

 

Fitur Komunitas

Pada fitur ini, kita bisa saling saling terhubung dengan para pengguna Yummy App. Kita bisa membagikan resep masakan pada sesama pengguna Yummy App dan berhak mendapatkan keuntungan berupa tambahan uang belanja. Seru, kan!

 

Upload Masakan Dapat Uang

Ini yang bikin semua umat bahagia. Hehehe. Jadi, setiap resep yang kita unggah di Yummy App ini, berpeluang untuk mendapatkan tambahan uang belanja. Caranya kita harus mengumpulkan Yummy Point dahulu. Yummy Point merupakan bentuk apresiasi Yummy kepada loyal user. Salah satu cara untuk mendapatkannya dengan mengunggah resep dan berhasil melalui proses kurasi sampai akhirnya dipublish oleh Tim Chef Yummy App. Yummy Point nanti, sistemnya di redeem dan bisa ditukarkan setelah mencapai 2500 Yummy Point.

 

Ajak Teman Dapat Uang

Selain dengan unggah resep masakan, Yummy Point juga bisa didapat dengan cara memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk menggunakan Yummy App. Istilahnya adalah referral. Ini merupakan program promosi yang diadakan oleh Yummy App. Dengan ini, pengguna Yummy App bisa mendapat uang sebesar Rp

7.000 (atau setara 70 Yummy Point) bagi pemilik kode referral dan uang sebesar Rp 3.000 (atau setara 30 Yummy Point) bagi pengguna kode referral. Kode refral merupakan kode unik yang dimiliki setiap pengguna Yummy App Jangan lupa masukkan kode referral jurnaljihan ya!

Bisa Ikutan Event Berhadiah

Menu event dan promosi juga nggak kalah seru. Ada banyak event yang diselenggarakan Yummy App. Misalnya tantangan memasak. Kita bisa ikutan dan berhak mendapat hadiah yang menggiurkan.

 

 

Filter Resep Masakan

Tanggal tua, uang tinggal sedikit bisa tenang karena ada Yummy App yang bisa memberikan rekomendasi masakan dengan estimasi harga bahan menyesuaikan kantong kita. Mau masak udah keburu kerja, pengennya masak cepat aja solusinya juga Yummy App. Kedatangan keluarga besar dan teman-teman kuliah, juga nggak khawatir karena ada Yummy App. Fitur ini keren banget, bisa menjawab hampir semua masalah masak yang aku alami.

 

Atur Harga

Lewat filter ini, harga bahan bisa kita atur sesuai kantong.

Atur Durasi

Nggak perlu bingung mau masak cepat, kita bisa pilih kira-kira kita punya waktu berapa menit untuk bisa memasak.

Atur Porsi

Kalau biasanya masak cuma untuk porsi tiga orang (satunya dikit), kalau kebetulan kedatangan keluarga besar dan teman-teman bisa lancar masak porsi besar.

 

 

Simpan Resep Favorit

Yummy App juga menyediakan fitur tambahan untuk menyimpan resep favorit. Jadi kalau belum mau masak dan masih lihat-lihat resep masakan, kita bisa simpan dulu biar kalau mau masak nggak susah cari lagi.

 

Resep Favorit Kami

Martabak Telur Isi Ayam

Aku dan suami juga punya resep favorit yaitu Martabak Telur Isi Ayam. Lumayan, untuk nyamil pas lagi santai duduk-duduk sore di depan teras menikmati akhir pekan bersama. Aku suka banget sama aplikasi Yummy App karena setiap resep yang disuguhkan, ada detail tentang porsi, durasi memasak, dan estimasi harga bahan. Cara membuat Martabak Telur Isi Ayam ini gampang banget.

Bahan Kulit

  • 2 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada

Bahan isian

  • 50 ml air
  • 150 gr ayam cincang
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 100 ml kaldu ayam
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sedm saus terriyaki

Tonton Vidio Berikut untuk menyimak Cara Memasak :

 

 

 

 

Kata Mereka yang Sudah Download

Sebagai pengguna, aku senang banget adanya aplikasi resep Masakan yang bikin #MasakItuGampang. Yummy App itu super lengkap. Tutorial cara memasak di Yummy App mudah dipahami. Fitur-fiturnya juga membantu sekali dalam memilih masakan yang lebih spesifik sesuai kebutuhan. Jadi makin suka masak sejak download Yummy App. Alhamdulillah, bisa lebih hemat di rumah dibantu Yummy App tentunya. Paling penting, sih makin mesra sama suami karena makin sering nyoba resep masakan berdua. Oh ya selain makanan ringan seperti martabak di atas, kami juga suka resep masakan Indonesia lainnya yang disuguhkan Yummy App seperti nasi goreng jawa, rendang, dan lain sebagainya.

 

Download Sekarang

Kode Referral : jurnaljihan

Jangan lupa juga untuk follow @yummy.idn di instagram dan “Yummy Indonesia” di facebook. Jadikan #MasakItuGampang bersama Yummy App!

 

 

 

 

Artikel ini dibuat untuk mengikuti lomba blog Yummy App x Popmama.com

 

Sumber :
Tulisan :
  • pengalaman dan pendapat pribadi penulis
  • situs media online
  • artikel di web Yummy App
  • artikel di platform Popmama.com
Gambar :

Ibu satu anak yang lahir tahun 90'an. Menulis tentang keseharian sebagai Ibu dan berbagi sudut pandang sebagai praktisi hukum. Tertarik dengan isu dan gaya hidup perempuan.

15 Comments

    • Leila

      Nah iya, ukuran aplikasi yang enggak makan tempat banyak itu suatu nilai plus juga ya. Soalnya lagi masa begini nambah banyak juga ternyata aplikasi yang diperlukan. Udah install Yummy juga tapi baru sempat eksplorasi dikit nih resep-resepnya.

  • Annafi

    Bagus nih aplikasinya mba, ada fitur Tinggal Pilih Bahan di yummy app bisa berkreasi makanan. Buat aku yang mageran cocok (males ke warung buat beli bahan) hehe

  • Diani Sekaring

    Wah lengkap banger ternyarta fitur di Yummy App ini. Bisa diatur berdasarkan budget, dan lain-lain. udah gitu kalau upload resep juga bisa dapat uang ya, jadi tertarik nih pengen download.

  • nyi Penengah Dewanti

    Yummy app ini sahabat wanita banget ya Mba Jihan
    soalnya bisa ngebantuin kita yang nggak masak ini jadi latihan bisa masak
    Sungguh di jaman sekarang ini nggak takut lagi nggak bisa masak andalan banget yumy app

  • Kak Niken

    Permasalahan masak-memasak aku ituuu kondisi dapur yang belum mumpuni dan anak + suami yang suka enggan makan sayur wkwkkw. Btw dengan Yummy App ini bisa explore lebih beragam menu ya mbak

  • Siti rogayah

    Sekarang masak memasak jadi lebih mudah. Bisa lihat di youtubenya yummy, aplikasinya. Aku juga sering lihat resep masakan dari yummy. Mudah dan simple juga. Gak ada alasan bingung masak apa ya kak

  • Visya Al Biruni

    Aku tahu Yummy App itu sejak tahun 2018 tapi baru baru ini aja tahu udah ada platformnya hehe Keren lah. Ibarat kata ngga ada alasan ngga bisa masak dengan Yummy app hehe

  • evhy

    Udah baca tentang aplikasi yummy ini. Jadi pengen coba juga, siapa tahu bisa rajin masak, entah mengapa saya anaknya mager banget kalau soal masak-masak 😀

  • Suciarti Wahyuningtyas

    Skill memasakku juga selama pandemi ini jadi meningkat apalagi sekarang ini ada aplikasi yang memang sangat membantu. Enaknya si Yummy ini tuh lebih mengerti banget sama isi kulkas ya, setiap buka apliaksi selalu langsung tertuju kesana deh. Jadi banyak inspirasi masak juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *