Cerita Ibu,  Jurnal Keluarga

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Untuk Buah Hati Teristimewa

Betapa bahagianya melihat anakku Adna yag tumbuh dengan aktif dan lincah. Alhamdulillah pada usianya 16 bulan ini, dia sudah bisa berlari kecil, berjalan mundur, dan sedikit melompat. Kosa katanya pun juga sudah mulai beragam. Banyak kata seperti bobok, mimik, budhe, pak poh, maem, mama, ayah, bebek, cicak, dan lain-lain bisa dia ucapkan dengan jelas. Aku senantiasa bersyukur pada Sang Pencipta karena selaludiberi kemudahan dalam memberikan nutrisi terbaik untuknya.

Artikel sebelumnya, aku sudah cerita bagaimana perjalananku memberikan ASI. Iya, belakangan kalau ada acara di luar rumah aku mengajak anakku lantaran tidak ada lagi ASIP yang bisa aku berikan. Sejak wabah corona malanda aku jarang keluar rumah. Sejalan dengan itu, aku jarang memompa ASI. Sebenarnya tidak ada ASI yang kurang. Persediaan ASI selalu sejalan dengan permintaan. Karena aku jarang pompa, akhirnya ASI hanya cukup kalau dikonsumsi langsung saja.

Memang sempat waswas ajak anak keluar rumah pada masa pandemi seperti ini. Tapi mau bagaimana lagi, harus ada kewajiban lain yang dituntaskan. Akupun tidak keluar rumah setiap hari. Sebagai pengacara, aku hanya keluar rumah saat sidang saja. Aku sendiri tidak berambisi punya klien banyak untuk saat ini. Paling penting bagiku sekarang itu bisa lancar menyusui hingga usian anakku dua tahun nanti. Tentu ada jurus tersendiri untuk sampai pada titik ini. Dan aku bisa menikmati karena dukungan dari berbagai pihak terutama suami.

Sebenarnya masih ada pilihan lain yaitu memberikannya tambahan susu formula atau konsultasi pada dokter laktasi agar bisa memompa lancar kembali. Tapi aku tidak memilih keduanya. Jika memilih konsultasi ke dokter, kalau selanjutnya aku nggak rajin juga sama saja. Anakku masih 16 bulan usianya per September 2020 ini. Ingin rasanya menyusui dengan bahagia sampai usianya dua tahun nanti. Jadi semaksimal mungkin aku usahakan terus bersamanya meski harus bekerja.

 

ASI Sebagai Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama

1000 hari pertama perjalanan tumbuh kembang si kecil sejak hamil hingga dua tahun pertama kehidupan si kecil dipercaya mempunyai efek yang berlangsung hingga masa dewasa.Sampai usia dua tahun, menurut banyak pakar seorang anak mengalami pertumbuhan otak yang sangat pesat.

Periode emas sampai dua tahun usianya, begitu penting dan tidak dapat diulang kembali. Menurut penelitian, semua asupan yang dikonsumsi bayi pada masa ini akan langsung menuju ke otak. 80% otak dewasa pun, dibentuk pada masa ini. Oleh karenanya, aku mengupayakan semaksimal mungkin untuk kebaikan anakku pada usia ini.

Aku percaya bahwa ASI bernutrisi merupakan kebaikan yang bisa aku berikan untuk bekal masa depannya nanti. Tentu untuk mewujudkan ASI berkualitas diperlukan usaha keras. Adapun usaha yang aku lakukan bersama suami antara lain :

 

Selalu Belajar dan Menggali Ilmu

Ilmu membuat kita berdaya. Itu yang aku percaya. Ilmu membuat kita sebagai orang tua mampu tegas dalam mengambil keputusan. Sejak hamil, aku dan suami rajin membaca, mengikuti seminar, dan menonton vidio untuk menambah khazanah di dunia parenting. Pengetahuan tentang ASI selain kami dapat dari orang tua kami, juga karena belajar dan rajin menggali informasi.

 

Menciptakan Support System yang Baik

Support System tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Tapi harus diciptakan dengan cara komunikasi dan saling membagikan ilmu serta informasi. Aku dan suami yang rajin belajar, tidak lupa membagikan ilmu tersebut pada Ibu dan mertua. Jadi dengan begini mereka paham, kenapa kami bersi keras dengan ASi. Terlebih, pengetahuan orang tua kami terkait ASIP masih rendah. Padahal selama aku tinggal ke luar rumah, anakku pasti diurus Ibuku atau mertua. Jadi, mereka juga mesti paham tentang ASIP termasuk menjaga agar nutrisi ASIP tetap terjaga.

 

Olahraga Teratur

Ibu hamil bukan berarti harus tidur mulu tanpa menggerakkan badan dengan berolahraga sama sekali. Justru dengan berolahraga, membuat tubuh bugar, lahiran lancar, dan ASI bancar. Olahraga bisa menjadi sarana relaksasi juga. Ketika tubuh Ibu releks, berpengaruh juga pada kualitas ASI.

 

Me-Time yang Cukup

Ayah harus paham banget soal ini. Ibu tidak bisa selalu ada di samping anak. Ibu juga butuh me-time agar tidak stress. Me-time bisa menjadi sarana Ibu untuk berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Ibu menyusui dan Ibu hamil memang diusahakan jangan sampai stress. Karena akan berpengaruh pada janin dan kualitas ASI. Aku pribadi sebisa mungkin menciptakan suana bahagia untuk diri sendiri lewat me-time yang sudah aku sepakati dengan suami.

 

Tidur Cukup

Tidur merupakan aktivitas penting bagi tubuh. Pada saat tidur, sel-sel akan memperbaiki diri sehingga tubuh siap kembali menghadapi kegiatan esok hari. Aku mengubah pola tidurku setelah hamil. Dari yang tadinya tidur hanya 4-jam per hari. Kini aku usahakan untuk tidur 7 – 9 jam / hari. Kalau tidak bisa memenuhi, ya minimal 6 jam lah. Selain membuat tubuh bugar, otak juga lebih segar dan nggak mudah stres. Sehingga mampu memproduksi ASI berkualitas untuk kebutuhan si kecil.

 

Memperhatikan Nutrisi Makanan

Asupan Ibu begitu penting dalam menentukan kualitas dan kuantitas ASI. Apa yang Ibu makan, nutrisinya akan turun ke anak. Jadi, penting bagi Ibu untuk selalu mengupayakan makan makanan yang sehat dan bergizi serta tidak ketinggalan untuk minum air putih yang cukup. Nutrisi yang harus dipenuhi oleh Ibu hamil dan menyusui antara lain :

  • Protein sebagai penyusun otot, pembentuk hormon, dan pengatur dalam berbagai metabolisme.
  • Zat besi diperlukan untuk perkembangan otak dan pembentukan hormon, terutama hormon tiroid dan hormon pertumbuhan serta mencegah anemia.
  • Minyak ikan yang mengandung Omega-3 selain berpengaruh pada perkembangan saraf dan otak juga mengurangi resiko alergi.
  • Asam follat yang sangat penting dikonsumsi sejak hamil di trisemester pertama karena mampu mencegah resiko cacat bawaan dan gangguan otak lainnya.
  • Kalsium mampu membentuk tulang dan gigi bayi kuat serta mencegah terjadinya osteoporosis pada Ibu.

 

Mengkonsumsi Suplemen Tambahan

Untuk mendapatkan nutrisi lengkap seperti yang aku sebutkan di atas, penting bagi Ibu hamil dan menyusui untuk mengkonsumsi suplemen tambahan. Soal suplemen ini, aku percaya pada Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold yang memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk ASI berkualitas.

 

 

Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold

Suplemen Bernutrisi Lengkap Untuk ASI Berkualitas

Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition, Dian menuturkan bahwa :

“Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), berupaya untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan ASI bernutrisi, khususnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan si buah Hati.” 

ASI Bernutrisi Untuk Ibu dan Bayi Istimewa

 

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan suplemen yang baik untuk mendapatkan ASI bernutrisi bagi Ibu menyusui sepertiku. Suplemen ini mengandung 17 nutrisi esensial seperti asam folat, zat besi, omega-3, kalsium, vitamin dan mineral lainnya. Kadungan tersebut penting untuk Ibu dan bayi istimewa karena setiap zat tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Ibu dan perkembangan bayi. Setiap tetes ASI begitu berharga. Jangan sampai nutrisinya tidak kita jaga. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan pilihan yang tepat untuk Ibu hamil dan menyusui karena memiliki keunggulan sebagai berikut :

  • Dosis sesuai dengan kebutuhan ibu hamil & menyusui di Indonesia (tidak berlebih)
  • Mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi ibu hamil dan menyusui
  • Mendukung perkembangan bayi pada masa 1000 hari pertama kehidupan
  • Zat besi yang berasal dari besi fumarat yang tidak menyebabkan konstipasi
  • Dosis Kalsium & DHA yang tinggi
  • Odourless fish oil, kaya akan DHA tanpa mengakibatkan mual

 

 

Dukungan Penuh Kalbe Blackmores Nutrition

Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sudah aku paparkan di atas, dalam memberikan ASI bernutrisi Ibu membutuhkan dukungan dan dororngan berarti dari lingkungan sekitar. Bahkan dorongan dari sesama Ibu yang pernah menyusui juga bisa menjadi semangat tersendiri. Selama perjalananku menyusui, aku juga menyimak bagaimana cerita Ibu lainnya yang bisa aku baca dengan berselancar di dunia maya. Ada semangat tersendiri ketika menyimak cerita mereka. Tidak sedikit yang mengalami kesulitan tapi tetap semangat. Sehingga membuat orang yang membaca artikelnya terinspirasi dan ingin terus bisa memberi ASI bernutrisi sampai cukup usia si buah hati. Itu pula yang membuatku semangat bercerita tentang ASI pada postingan kali ini.

Aku semakin percaya dengan Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold. Produk unggulan Kalbe Blackmores Nutrition untuk Ibu hamil dan menyusui ini, begitu berperan dalam mendukung Ibu untuk bisa memberikan ASI bernutrisi bagi si buah hati. Saling menyemangati dan mengedukasi menjadi kegiatan utama yang dilakukan Kalbe Blackmores Nutrition bersama Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold pada World Breastfeeding 2020 yang berlangsung Agustus 2020.

Acara tersebut, dilaksanakan dengan cara memberikan edukasi dan sharing pengalaman di sosial media @blackmoresid seputar ASI dan menyusui bersama Ibu yang sedang menyusui dan Ibu yang memilki pengalaman menyusui. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kepedulian Ibu agar dapat memberikan ASI bernutrisi bagi buah hati. Kalbe Blackmores Nutruion meyakini bahwa setiap tetes ASI sangat berarti bagi buah hati dan merupakan wujud kasih sayang Ibu baginya. Tidak ketinggalan, para blogger dan pengguna media sosial diikutkan serta dalam acara ini untuk berbagi cerita sehingga bisa menginspirasi dan mendukung Ibu lainnya.

Kalbe Blackmores Nutruion lewat produknya yaitu Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold begitu paham bahwa semua Ibu di Indonesia berhak untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang yang sehat bagi si buah hati. Oleh karenanya Kalbe Blackmores Nutruion bekerja sama dengan Yayasan Bumi Sehat sejak tahun 2017, menjalankan program sosial berkelanjutan dalam rangka membantu memenuhi gizi Ibu hamil dan menyusui melalui prmbagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast Feeding Gold setiap tahunnya di klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh, dan Papua.

 

 

Itu tadi ceritaku menyusui bersama Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Bagaimana dengan Ibu pembaca sekalian? Sudahkah ibu merasakan manfaat Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini? Kalau belum, atau kebetulan lagi kehabisan langsung aja cek di E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold  bisa ibu temukan daisana. Kalau mau kepo lebih dalem lagi tentang Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold ini, Ibu bisa langsung cekwebsite resminya dan juga Instagram: @blackmoresid.Aku tunggu sharing Ibu ya…..

 

 

 

 

 

#OneDayOnePost

 

 35 total views,  4 views today

Ibu satu anak yang lahir tahun 90'an. Menulis tentang keseharian sebagai Ibu dan berbagi sudut pandang sebagai praktisi hukum. Tertarik dengan isu dan gaya hidup perempuan.

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *