Jurnal Wisata,  Tempat Kumpul

Caping Gunung Rumah Makan Keluarga dengan Pemandangan Alam di Madiun

Turun dari mobil, tarik nafas panjang dan rasakan udara segar yang masuk hidung sampai ke laring. Rasanya, wow ada tempat sesejuk ini tidak jauh dari pusat Kota Madiun yang begitu panas, loh. Namanya Syam Warung Caping Gunung. Kalau kita arahkan pandangan kita ke Timur,  sawah yang hijau dengan penampakan Gunung Wilis hadir menyejukkan mata.

Hari itu, keluarga besar dari suami sedang berkumpul di rumah mertua. Kebetulan suamiku itu anak kelima dari lima bersaudara. Dan kakak-kakaknya permepuan semua. Bisa dibayangkan betapa kemriuknya kalau sudah kumpul bersama. Namanya orang Indonesia, nggak lengkap dong kalau kumpul tanpa makan-makan. Saat itu juga, kami putuskan untuk makan-makan di Warung Syam Caping Gunung Kabupaten Madiun.

 

Rumah Makan Cocok Untuk Keluarga

Ciri-ciri rumah makan keluarga kalau menurutku itu tempatnya ramah baik untuk anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Menunya variatif. Tidak hanya yang pedas-pedas aja tapi juga yang cocok sama lidah anak. Bebas dari asap rokok dan alkohol. Tidak hanya menyajikan makanan lezat tapi juga tempat yang nyaman dan bernuansa keakraban. Pastinya tempatnya luas dong. Ada banyak kalau kaya gitu di Madiun. Tapi dimana yang ada pemandangan alamnya? Jawabannya ya disini. Warung Syam Caping Gunung.

Lokasinya di Jl. Raya Kresek, Madiun 63182 Indonesia nggak jauh dari pusat Kota Madiun. Mungkin sekitar 15 km ke arah Timur Pusat Kota Madiun. Masuk ke dalam area rumah makan ini, mata kita sudah dimanjakan dengan pemandangan Gunung Wilis dan hamparan sawah nan eksotis. Masuk lebih ke dalam, saung-saung di antara taman terlihat cantik di halaman menunggu kita untuk duduk disana dan menyantap menu makanan.

 

Apa Saja Menunya?

Menu andalan di warung ini adalah plecing kangkung dan ayam taliwang. Semacam Ayam Bakar gitu. Karena aku nggak ikut pesan makanan dan pasrah sama kakak-kakak iparku aja, ternyata yang mereka pesan itu nila bakar. Nggak papa nila bakarnya juga enak. Harga makanan di warung ini, bisa dibilang terjangkau. Minumannya juga beragam. Pastikan nggak salah memilihkan minuman untuk anak. Karena menu yang teratas itu mengandung soda, jadi nggak aman ya buat anak.

Nggak usah takut mencoba menu yang namanya aneh seperti beberuk. Ini semacam terung ada sambel-sambelnya tapi bukan balado terung. Kalau lidahmu Indonesia banget masih cocok makan makanan ini. Untuk anak yang aman-aman saja seperti sop iga dan sayur asam. Soal rasa sih, memang nggak ada ciri khas tertentu ya. Tapi kalau makannya udah bareng-bareng keluarga gini diantara pemadangan alam yang super indah rasanya udah beda sendiri.

 

Nggak Cuma Makan Tapi Juga Berwisata Alam

Mau mengenalkan alam bebas ke anak tapi orang tuanya juga tetap bisa duduk cantik? Jawabannya ya di Warung Syam Caping Gunung ini. Jadi, di sisi bawah warung ini tuh ada kali dengan bebatuan besar yang jernih banget. Aman kalau mau mandi disini. Kenapa aman? Karena airnya jernih dan dangkal. Nggak ada pusarannya. Bebatuan besar juga bisa digunakan orang tua untuk duduk biar nggak basah sambil mengawasi putra-putrinya. Meskipun begitu jangan sampai lalai. Pihak pengelola restoran sudah memberikan batasan mana area aman. Jadi, anaknya harus diawasi jangan sampai melebihi batas aman yang sudah ditentukan.

Makannya nih, catatan penting kalau kesini harus bawa baju ganti. Kususnya buat anak ya. Tenang, ada kamar mandi buat bilas. Kalau mau lama-lama juga ada mushola untuk sholat. Kalau Adna anakku, suka tempat ini karena ada kolam ikannya. Terus dia juga bisa lari-larian di teman yang banyak bunga. Kalau nggak malu sih, boleh bergulung di rerumputan. Hehehehe

 

 

Ibu satu anak yang lahir tahun 90'an. Menulis tentang keseharian sebagai Ibu dan berbagi sudut pandang sebagai praktisi hukum. Tertarik dengan isu dan gaya hidup perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *