Parenthood

Senengnya Adna Mendapat Segudang Manfaat Ini Bermain di Alam Bebas

Langit cerah berawan ditemani terik matahari yang bersinar. Angin sepoi-sepoi berhembus menabrak dedaunan. Aku sedang duduk di atas rumput beralaskan tikar, bersama anakku tersayang dan teman kuliahku dulu. Kebetulan temanku sedang bertamu di rumahku. Dan kala itu, waktu jam makan siang. Kami memesan dua rujak cingur pedas dan juga es teh.

Aku sengaja mengajak mereka ke sini. Di Taman Lapangan Bangunsari dekat rumahku sendiri. Adna senang berlarian kesana-kemari. Apalagi, sejak ada taman bunga matahari. Dia tambah suka berfoto dan berlari diantara bunga-bunga. Aku beryukur banget. Adna masih bisa menikmati alam seindah ini tanpa perlu pergi jauh dari rumah. Kalau pagi, kami sering jalan kaki ke tempat ini. Jadi kebayang, kan deketnya.

Ngomong-ngomong soal jalan-jalan di alam bebas, ternyata manfaatnya tuh baik banget buat anak. Apalagi di bawah usia 2 tahun kaya Adna gini. Apa saja manfaatnya?

 

Membangun Kepercayaan Diri Anak

Alam bebas membuat ruang gerak anak tidak terbatas. Dia bisa berlari, berguling, dan lain-lain. Ini menjadi modal awalnya untuk lebih percaya diri. Karena disini, dia bebas melakukan apapun. Meskipun dengan pengawasan, seenggaknyajadi tidak banyak larangan.

 

Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Alam menyuguhkan banyak hal yang bisa di eksplorasi. Anak bisa memainkan batang kayu untuk dijadikan tongkat sihir. Atau menari di antara bunga-bunga seperti layaknya putri kerajaan yang berbahagia. Mereka bebas berimajinasi disini.

 

Mengaktifkan Panca Indera

Meraba dedaunan, menyium wangi bunga, mendengar kicauan burung, dan melihat pemandangan yang mengagumkan. Semua indra diaktifkan. Tak ketinggalan juga, gerak badannya yang bisa leluasa menari dan berlari.

 

Mengurangi Stres dan Lelah

Anak juga bisa stres. Aku tahu Adna kalau udah stres itu apa-apa nggak cocok. Dia butuh penyegaran. Salah satunya dengan bermain di alam bebas.

 

Merasakan Indahanya Ciptaan Tuhan

Ini manfaat yang paling aku suka. Sambil duduk-duduk di taman sambil kita mengenalkan bahwa lukisan yang indah ini adalah ciptaan Tuhan. Jadi tidak hanya motorik dan kognitifnya saja yang terbangun. Spriritualitasnya juga.

 

Jadi, yuk main ke alam bebas…..

Aku bersyukur banget masih bisa merasakan ini semua sama Adna. Kalau hidup di kota besar, belum tentu pemandangan ini ada.

Aku ingin bercerita tentang hukum yang bisa kita rasakan di sekitar kita dan hal-hal yang membuat hidup kita jadi lebih bermakna dan berwarna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *