Sehat

Ini yang Aku Rasakan Setelah Satu Minggu Workout

Setiap perempuan, tentu punya caranya sendiri untuk bersyukur. Bersyukur akan wajah rupawan yang diberikan Allah, bersyukur akan tubuh yang senantiasa ringan diajak bekerja, dan bersyukur telah dianugrahi waktu untuk merasakan cinta. Workout atau olahraga adalah cara yang aku pilih untuk mensyukuri betapa baiknya Allah yang memberikan tubuhku ini nggak gampang sakit dan selalu aktif diajak bekerja. Jadi, ceritanya selama seminggu belakangan aku rutin melakukan workout senam aerobik yang dipandu salah satu youtube chanel tentang kebugaran. Durasinya nggak lama. Ada yang cuma sepuluh menit. Dan paling lama, 30 menit. Meskipun bentar, kerasa banget di setiap bagian tubuh terutama paha, perut dan pantat. Tujuanku rutin melakukan workout ini, bukan karena sedang diet dan ingin langsing. Kalaupun dapet perut lebih kecil ya Alhamdulillah. Targetku cuma satu, tubuhku lebih ringan dan tidur bisa lebih nyenyak.

 

Latar Belakang Melakukan Workout

Sebelum aku memutuskan workout rutin, ada beberapa masalah yang aku rasakan. Setelah aku coba cari tahu, ternyata ya jawabannya karena kurang olahraga. Maka, olahraga menjadi solusi utama yang aku tempuh untuk memperbaiki pola hidupku. Yes, aku terakhir olahraga itu pas hamil 8 bulannya Adna. Dan sekarang, Adna udah 18 bulan. Artinya, hampir dua tahunan aku nggak olahraga. Tapi tiap hari naik turun tangga (masih mencari pembelaan). Akhirnya, aku merasakan badan nggak karuan. Gejalanya antara lain berikut ini :

Susah Tidur

Susah tidur itu jadi masalah besar buatku. Apalagi, anakku abngunnya jam 05.00. Kalau aku susah tidur, biasanya baru bisa merem jam 02.00. Masak iya, aku cuma tidur 3 jam. Pastinya di badan udah rasanya lemas. Matanya pun jadi nggak fokus.

Badan Kaku

Badan udah rasanya kaya manekin. Kaku banget. Otot rasanya juga pegal. Mau ngapa-ngapain jadi rasanya nggak bersemangat.

Lebih Males

Kalau udah susah tidur, badan kaku, alamatnya jadi males nya nggak ketulungan. Mau masak males. Mau kerja males. Sudah mulai nggak beres.

 

Kenapa Solusinya Workout?

Workout itu manfaatnya banyak banget. Selain mampu menurunkan beradt badan wokout juga meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Dan yang paling aku butuhkan adalah bikin tidur nyenyak. Kok bisaa?Jurnal Sleep Medicine Reviews menjelaskan bahwa olahraga yang dilakukan secara teratur mampu membantu kita lebih rileks dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini dikarenakan, tubuh memberikan signal lebih cepat agar kita tidur setelah melakukan workout yang menguras energi.

 

Setelah 7 Hari Workout

Apakah manfaatnya berasa? Iya banget. Dan minggu-minggu berikutnya aku akan mengusahakan rutin juga. Biasanya aku melakukan ini di sore ahari karena waktu soreku lumayan loggar dari pada pagi. Selama 7 hari ini yang aku rasakan :

Tidur Nyenyak

Beneran tidurku jadi lebih baik. Tidur jam 21.00 dan bangun jam 04.00. Bisa tidur setelah anakku tidur dan bisa bangun sebelum anakku bangun. Aku jadi punya waktu me-time lebih panjang. Sehingga hormon kebahagiaan itu meningkat.

Lebih Fokus

Aku orangnya gampang kena distraksi. Apalagi kalau badan sedang lelah dan mata udah mulai perih. Setelah wrokout dan tidur nyenyak, fokusku jadi lebih baik. Aku jadi lebih bisa mengatur detail pekerjaan dan lebih hadir saat menemani Adna.

Lebih Semangat

Mungkin karena niatnya tadi untuk menyukuri tubuh sendiri ya. Dari sisi pikiran aku udah tanem mindset super positif itu. Jadi pas workout, semesta kaya ngasih energi lebih besar dari yang aku keluarkan sebelumnya. Jadi berasa makin positif dan semangat aja.

 

Tertarik juga?

Aku biasanya menggunakan panduan workout disini.

Lifestyle Blogger Indonesia yang tinggal di Madiun Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *