Hukum

Pikirkan Ini Sebelum Buka Usaha!

Kegiatan usaha tidak sebatas melakukan proses produksi barang dan/atau jasa tetapi juga mencangkup bagaimana cara memperluas pasar. Berbagai cara akan dilakukan seperti melakukan kerjasama dengan distributor untuk pemasaran produk dan/atau jasa, franchaise, dll.

Banyak ya, kegiatan dalam suatu usaha. Jadi memang bikin usaha itu nggak bisa main-main. Harus serius. Sekarang, coba dipikirkan lagi dulu kenapa usaha ini perlu didirikan? Kalau jawabannya sudah mantap, coba bertanya lagi apakah perusahaan ini akan didirikan sendiri atau bersama kawan? Nah, kira-kira jenis perusahaan apa yang cocok untuk bisnis kalian.

 

Pertama, Pikir Dulu Jenis Perusahaan yang Akan Didirikan

Pelaku usaha dapat dengan bebas memilih jenis perusahaan apa yang digunakan untuk menjalankan kegiatan usahanya. Beberapa alternatif perusahaan tersebut diantaranya perusahaan perseorangan, perusahaan persekutuan, dan perusahaan berbadan hukum.

 

Perusahaan Perseorangan dan Persekutuan

Perusahaan jenis ini, tanggung jawab dibebankan pada pengurus atau individu yang bersangkutan[1]. Apabila perusahaan menyebabkan kerugian terhadap pihak ketiga, maka pengurus akan bertanggungjawab sampai pada harta pribadi dan kekayaan perusahaan.

 

Perusahaan Berbadan Hukum

Perlu diperhatikan bawasannya perusahaan berbadan hukum terdapat pemisahan antara harta perusahaan dan harta pribadi sehingga berlaku tanggung jawab terbatas (limited liability). Berbeda dari dua jenis perusahaan sebelumnya, pada perusahaan berbadan hukum dalam menjalankan kegiatan usahanya tanggung jawab sebatas pada harta kekayaan yang terdapat di dalam perusahaan. Perusahaan berbadan hukum merupakan pilihan paling aman bagi pelaku usaha untuk menjalankan kegiatan usahanya.

 

Kedua, Daftarkan Perusahaan Sesuai Ketentuan Peraturan Negara

UU No. 3 Tahun 1989 tentang Wajib Daftar Perusahaan menganjurkan pelaku usaha untuk mendaftarkan usahanya. Pendaftaran ini penting agar pemerintah dapat melakukan pendataan sebagai sumber informasi resmi untuk berbagai pihak yang berkepantingan mengenai identitas dan segala hal yang mengenai dunia usaha dan perusahaan yang bersangkutan.[2] Kenapa?

  1. Melalui data yang telah masuk, pemrintah akan lebih mudah dalam melakukan pembinaan, pengarahan, pengawasan dan menciptakan iklim dunia usaha yang sehat.[3]
  2. Pemberian izin sebagai bukti sah atas kegiatan usaha yang dilakukan yang dapat meminimalisir terjadinya sengketa dikemudian hari.
  3. Pelaku usaha akan merasa lebih nyaman dan aman dalam menjalankan kegiatan usahanya.
  4. Kepamilikan izin usaha dapat menjadi daya tarik bagi pihak lain untuk melakukan kerjasama sehingga perusahaan bisa lebih berkembang.

 

Ketiga, Jangan Lupa Daftarkan Merek Dagangnya

Jualan yang penting laku aja. Udah laku banyak, eh ternyata competitor mulai bermunculan. Nggak tanggung-tanggung logo sama merknya dipakai. Kalau sudah kaya gini terus gimana? Makannya sebelum terjadi, alangkah baiknya kalau mau bikin usaha disiapkan yang matang dulu. Jika memang merk dagang yang kalian ciptakan ini berharga dan kalian yakin akan konsisten mengembangkan usaha ini, maka jangan tunda untuk daftarkan mekr dagangya.

 

Kesimpulan

Kenapa sih, mesti mikirin legalitas uaha? Sekarang, kami balik tanya. Kalian serius nggak jalankan usaha ini. Ya kalau serius, antisipasi masalah hukum sedari awal usaha itu penting. Kalau sudah terlanjur kena masalahnya tetap nggak usah khawatir. Karena pengavara akan selalu ada. 😊

 

Sumber :

[1] Hukumonline.com, 2009, Tanya Jawab Hukum Perusahaan , Visimedia, Jakarta, hal. 95

[2] Windah Rahmawati, Pentingnya Wajib Daftar Perusahaan dan Peranan Wajib Daftar Perusahaan Bagi Perkembangan Perekonomian Bangsa, https://www.windahrahmawati.wordpress.com/pentingnya-wajib-daftar-perusahaan-dan-peranan-wajib-daftar-perusahaan-bagi-perkembangan-perekonomian-bangsa/ , diakses pada 8 November 2020

[3] Ibid.

Ibu satu anak yang lahir tahun 90'an. Menulis tentang keseharian sebagai Ibu dan berbagi sudut pandang sebagai praktisi hukum. Tertarik dengan isu dan gaya hidup perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *