Laugh

Bertumbuh Bersama Jurnal Jihan Lahir Sebagai Blogger Daerah

Assalamu Alaikum Sahabat Jihan. Aku pernah mempunyai impian menjadi pembawa acara televisi dan mewawancari berbagai macam orang. Impian tersebut sempat terwujud beberapa tahun lalu sampai akhirnya, saya memutuskan jalan lain yaitu menjadi pengacara. Alasannya kenapa? Aku sudah pernah cerita di IGS Instagram. Oh ya, ketika Najwa Shihab sempat booming dengan Mata Najwanya, terbelesit di pikiranku untuk menemukan nama acara yang memiliki rima yang enak dilafalkan. Akhirnya, tahun 2020 Jurnal Jihan Lahir Sebagai Blogger Daerah Madiun dan Sekitarnya.

Kenapa baru 2020? Kemana aja sebelumnya? Iya, ini kebodohanku yang masih sulit aku maafkan. Padahal ya, 2008 itu aku rajin sekali menulis blog lewat platform blogspot. Waktu itu aku masih SMA. Rasanya senang menemukan wadah menulis. Meskipun, tulisan yang aku tulis hanya sekedar curhatan nggak penting ya. (Eh, Raditya Dika tenar karena curhatan nggak penting juga). Aku mulai vakum menulis di blogspot saat kelas 3 SMA. Biasalah, anak kelas 3 SMA itu kan panik-paniknya UAN ya. Kaya fokus gitu aja. Aku sih, lebih panik nggak ketrima di PTN dari pada UAN-nya. Karena UAN masih bisa kan contekan sama teman seruangan (#eh).

Sempat menulis lagi waktu kuliah di akun komapsiana dan bekerja sebagai content creator rubrik kampus. Ya, sebenarnya aku nggak pernah berhenti menulis seumur hidupku sejak tulisanku dipuji guru Bahasa Indonesia di SMP-ku. Waktu itu tahun 2006 kalau nggak salah. Aku mulai menemukan energi dalam menulis. Dan 10 tahun ke belakang, adalah waktu yang aku habiskan untuk menemukan platform yang tepat dalam menulis.

 

Menemukan Jurnal Jihan

Jurnal Jihan merupakan doaku di masa lalu. Saat aku masih ingin membawakan sebuah acara dan memiliki nama acara yang begitu mempesona dengan rimanya. Sebenarnya bukan aku yang memilihkan frasa Jurnal Jihan. Tapi justru penyedia domainku yang memilihkannya. Kebetulan penyedia domain ini teman suamiku. Jadi aku tanya, “Nama apa yang cantik untuk personal brandingkku sebagai pengacara tapi juga sebagai ibu dan perempuan yang masih butuh hiburan?” Dan dia jawab, “Jurnal Jihan.”

Aku lafalkan berulang kali, ya, keren juga. Jurnal Jihan Lahir Sebagai Blogger Daerah Madiun dan sekitarnya. Nama ini juga bisa berkembang menjadi platform-platform lain. Aku pun mengganti seluruh akun media sosialku dengan nama user jurnaljihan. Sebelum jadi acara TV (kalau sekarang mungkin lebih pada acara Youtube). setidaknya bisa menjadi branding blog terlebih dahulu,

Jadi apa makna jurnal jihan? Ya segala sesuatu yang jihan bangetlah. Menggambarkan Jihan yang begini ini, bisa kalian baca-baca di blog dan sosial mediaku. Kurang lebih maknanya begitu. Rasanya, jurnal jihan menjadi nama yang cukup untuk menggambarkan segala dokementasi yang aku tuangkan dalam blog dan entah ke depannya mungkin juga platform lain. Aku cukup senang dengan nama blogku ini.

 

Baca juga :
Seputar Gaya Hidup 
Seputar Hukum
Segala Bentuk Refleksi Diri

Jurnal Jihan Lahir Sebagai Blogger Daerah Madiun dan Sekitarnya

Memulai menjadi blogger saat tinggal di daerah? Siapa takut. Apalagi, di tengah pandemi begini banyak sekali event-event yang sifatnya daring. Jadi tidak harus keluar kota untuk ikutan. Ya, sebenarnya aku sedikit menyesal karena memulai blog saat sudah tinggal di Madiun. Dulu waktu di Surabaya kemana aja? Eh, dulu pas kuliah aku lebih suka menulis pada tumbrl. Udah cocok banget tuh, buat tulisan galau. Tapi menurutku sih, bikin nggak sehat mental.

Ya, akhirnya aku menemukan ruang menulisku sendiri disini. Nggak apa aku mulai disini. Di kota kecil seperti Madiun. Doaku, semoga dengan nama yang aku pilih ini,  JURNAL JIHAN (sedikit banyak terdengar menjual), mampu membawaku untuk berkeliling ke daerah-daerah lain di Indonesia bahkan sampai ke belahan bumi Allah yang lain. Bersama keluarga kecilku tentunya. Amin…..

 

 

 

Aku ingin bercerita tentang hukum yang bisa kita rasakan di sekitar kita dan hal-hal yang membuat hidup kita jadi lebih bermakna dan berwarna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *