Laugh

5 Alasan Mulai Ngeblog (Bukan Sekedar Cuan Tapi Nilai)

Assalamu Alaikum Sahabat Jihan. Aku mau cerita 5 alasan mulai ngeblog. Tahun 2019, aku mulai bangkit lagi di dunia perbloggeran Indonesia. Meskipun pada waktu itu, niat belum tertata dan tujuan belum jelas. Ya sudah nggak apa. Yang penting mulai aja dulu (bukan iklan). Sempat vakum beberapa bulan, akhirnya terjun lagi nggak lama setelah itu. Tepatnya di di bulan Maret 2020. Jadi blog Jurnal Jihan ini baru setahun lah ya. Eh tapi aku latihan menulisnya udah mulai sejak SMP loh (sok pengen dianggap beperngalaman #maap).

Menurutku, nulis blog itu ada tahapan niat dan tujuannya sih. Semua itu nggak salah. Karena kesadaran setiap individu itu punya tahapan masing-masing. Aku menyadari itu. Sejak mengenal blogspot tahun 2008, iya aku mulai ngeblog sebenernya 2008. Waktu itu cuma ingin nulis aja. Bahkan nggak ingin dibaca banyak orang. Akhirnya ya, blog tidak dikelola dengan baik. Nggak sadar bahwa itu aset. Meskipun begitu, perjalanan dari tahun 2008 membuatku memberikan banyak pelajaran. Sampai akhirnya pada tahun 2020 ketika aku mulai ngeblog lagi, aku sadar ini baik untuk personal branding.

 

Baca Juga :
Jurnal Jihan Sebagai Blogger Daerah

 

Jadi, apa alasanku mulai ngeblog? Akan aku jelaskan dalam 5 poin berikut.

 

Ingin Menuangkan Emosi Lewat Tulisan

Alasan ini nggak salah juga. Ini awal niatku menulis blog pada tahun 2008. Jadi, blog isinya hanya kegalauan dan kegelisahan anakku sebagai anak remaja aja waktu itu. Kalau dibaca lagi, widih malu banget. Ya, setelah dewasa gini agak nyesel juga. Ternyata, itu juga bisa dijadikan aset (nyatanya banyak blogger sukses bahkan karena tulisannya nggak seberapa penting). Ya gimana ya, sudah nulis sebegitunya, setelaah itu aku musnagkan begitu saja. Nyesek juga.

 

Sudah Menjadi Hobi

Setelah itu, aku menata niat lagi untuk menulis. Ternyata, dua tahun vakum nulis juga jadi beban. Iya, aku dulu vakum nulis waktu kelas 3 SMA. Tepatnya tahun 2010an. Waktu masuk kuliah juga belum tertarik nulis lagi. Apalagi, waktu masih semester awal aku masih fokus adaptasi. Akhirnya 2012 aku nulis lagi. Aku langsung bikin akun kompasiana begitu insting menulisku keluar.

Alasan Mulai Ngblog Ingin Mendapatkan Cuan

Alasan ini datang ketika sudah mulai paham kalau ngeblog itu bisa mendatangkan cuan. Akhirnya, bergerilyalah mencari cara agar bisa cuan. Biasanya ini karena dapet cuan sekali terus nagih.

 

Ingin Berbagi Ilmu dan Pengalaman agar Bermanfaat Untuk Banyak Orang

Biasanya, setelah sadar kalau cuan bikin tulisan kering, akhirnya ganti tujuan menulis jadi ingin berbagi ilmu dan pengalaman. Nggak sekedar curhatan tapi juga bisa jadi pengalaman, pembelajaran, dan efrensi banyak orang dalam menjalani kehidupan.

 

Sebagai Personal Branding

Biasa berbagi, akhirnya terbentuklah personal branding. Nah, aku sebenernya mulai memikirkan ini ketika awal ngeblog 2019. Ingin rasanya menampilkan branding sebagai seorang Ibu dan sharing ilu parenting. Tapi semakin kesini, semakin menyadari kalau ilmu parentingk hanya cocok untuk aku gunakan pada diriku sendiri. Barulah aku flas back ke belakang lagi dan mulai menyadari lebih baik menulis tentang hukum saja. Kebetulan aku juga praktisi hukum sehingga masih berkelut di seputar itu.

Jadilah, tahun ini blog Jurnal Jihan yang membahas seputar hukum, gaya hidup, dan personal. Inilah personal brandingku pada akhirnya. Seorang Ibu, yang juga berprofesi sebagai pengacara hobi menulis dan berwisata dengan keluarga.

 

Alasan Mulai Ngeblog Saat Ini

Jadi, ketika awal mulai ngeblog lagi di tahun 2021 ini adalah personal branding. Let’s know about me! Oh ya, aku nulis ini untuk memenuhi tantangan Ramadhan Blogger Perempuan.

Aku ingin bercerita tentang hukum yang bisa kita rasakan di sekitar kita dan hal-hal yang membuat hidup kita jadi lebih bermakna dan berwarna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *