Bisnis

Bayar Zakat Mudah Lewat Lembaga Amil Zakat Online yang Legal

Assalamu Alaikum Sahabat Jihan. Zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan umat muslim. Di zaman yang serba canggih ini, bayar zakat ternyata juga bisa dilakukan dengan cara online yang mudah sekali. Tentu saja, dalam memilih Lembaga Amil Zakat (LAZ) online ini, tidak bisa sembarangan. Aku pribadi, memilih Sinergi Fondation sebagai penyalur zakat online yang mudah dan legal.

 

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ 
103. Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.
QS. At-Taubah Ayat 103

Dalam bayar zakat, penting sekali kita paham ilmu zakatnya terlebih dahulu. Seperti kata hadist Imam al-Ghazali yaitu: “Al-ilmu bi-laa ‘amalin junuunun, wal-‘amalu bi-laa ‘ilmin lam yakun.” (Ilmu tanpa amal adalah gila, dan amal tanpa ilmu tiada nilainya). Maka, keduanya harus seimbang. Jadi aku mulai dulu dengan pengertian dan jenis-jenis zakat, ya!

 

 

Baca Juga :
Kisah Inspiratif Seorang Ibu Menghidupi Puluhan Anak Kurang Mampu

 

 

Pengertian Zakat

Zakat berasal dari bentuk kata “zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5).

Sementara menurut Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014, Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh orang Islam untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Pengertian zakat yang ini juga sama dengan pengertian zakat yang tercantum pada UU Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Siapa yang berhak menerima zakat? Dalam QS. At-Taubah ayat 60, disebutkan ada delapan golongan orang yang menerima zakat yaitu sebagai berikut:

1. Fakir, mereka yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidup.
2. Miskin, mereka yang memiliki harta namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar kehidupan.
3. Amil, mereka yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.
4. Mualaf, mereka yang baru masuk Islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan dalam tauhid dan syariah.
5. Riqab, budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya.
6. Gharimin, mereka yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.
7. Fisabilillah, mereka yang berjuang di jalan Allah dalam bentuk kegiatan dakwah, jihad dan sebagainya.
8. Ibnu Sabil, mereka yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

 

Jenis-jenis Zakat

Setiap harta yang dimiliki umat muslim, memang wajib dikeluarkan zakatnya. Kapan umat muslim harus melaksanakan zakatnya? Kita pahami dulu jenis-jenis zakat.

Zakat Mal

Zakat mal adalah zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya, tidak bertentangan dengan ketentuan agama. Memurut Pasal 4  UU Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat yang menyebutkan bahwa Zakat Mal merupakan harta yang dimiliki oleh muzaki perseorangan atau badan usaha yang meliputi :

    1. emas, perak, dan logam mulia lainnya;
    2. uang dan surat berharga lainnya;
    3. perniagaan;
    4. pertanian, perkebunan, dan kehutanan;
    5. peternakan dan perikanan
    6. pertambangan;
    7. perindustrian;
    8. pendapatan dan jasa; dan
    9. rikaz

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah (zakat al-fitr) adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah, wajib dilakukan setiap muslim yang memiliki harta berlebih di bulan Ramadhan. Besarnya zakat fitrah yang sudah ditentukan yakni, setara dengan 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok. Makanan pokok ini, rasa-rasanya memang tergantung daerah masing-masing. Kalau orang Jawa kaya aku gini ya umumnya beras, dong.

 

Bayar Zakat di Lembaga Amil Zakat Online yang Mudah dan Legal

Ssejak paham UU Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat aku mulai paham kalau ternyata Lembaga Amil Zakat (LAZ) itu ada syarat-syarat tertentunya yang tetap dalam koridor syariat islam. Dan, ada keuntungan lebih kalau kita bayar zakat di LAZ yang legal. Antara lain :

Tepat Sasaran

Kalau kita zakat sendiri itu, ribetnya itu menentukan siapa orang-orang yang berhak diberi zakat. Meskipun sudah diterangkan tentang siapa saja yang berhak menerima zakat, alangkah lebih baiknya kalau kita serahkan pada yang lebih ahli saja yaitu mereka yang ada di Lembaga Amil Zakat (LAZ) sehingga zakat jadi lebih tepat sasaran.

Mengurangi PKP (Pendapatan Kena Pajak)

Sesuai dengan Pasal 22 dan Pasal 23 Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, ternyata berzakat di Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang legal ini bisa mengurangi beban Pendapatan Kena Pajak. Jadi bunyi pasalnya begini :

  • Pasal 22: Zakat yang dibayarkan oleh muzaki kepada BAZNAS atau LAZ dikurangkan dari penghasilan kena pajak.
  • Pasal 23: Baznas atau LAZ wajib memberikan bukti setoran zakat kepada setiap muzaki (pemberi zakat), dan bukti tersebut digunakan sebagai pengurang penghasilan kena pajak.

Aturan ini dimaksudakan, agar umat muslim tidak terkena beban ganda dan mendorong ketaatan dalam menjalankan ibadah.

Ibadah Lebih Lega

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At Taubah: 103)

Dengan berzakat melalui LAZ, antara pemberi dan penerima zakat tidak bertemu langsung. Menurutku ini lebih membuat hati kedua belah pihak lebih lega dan terjaga. Selain karena yakin pasti disalurkan pada orang yang tepat, juga menghindari rasa tidak nyaman antara pemberi dan penerima zakat sendiri.

 

Terus, gimana dong caranya kita bisa Zakat Online yang mudah dan pasti lembaganya legal?

 

#RAMADANSIAPBERAMAL Bersama Sinergi Fondation : Zakat Online Mudah dan Legal!

Aku merekomendasikan SINERGI FONDATION (SF) sebagai Lembaga Amil Zakat Online yang mudah, legal dan pastinya amanah, dong! SINERGI FOUNDATION (SF) adalah lembaga independen milik publik yang berdiri pada tahun 2002 fokusnya itu mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq- Sedekah).

SINERGI FONDATION ini berdiri berdasarkan Akta Notaris Nomor 24, tanggal 17 Februari 2011, yang dibuat oleh Notaris Evi Hibridawaty, SH. dan diputuskan oleh Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: AHU – 5622.AH.01.05. Tahun 2011 tentang Perubahan Anggaran Dasar Yayasan Pasal 1 dan Pasal 5, yaitu Perubahan Nama menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat atau Sinergi Foundation.

Dengan adanya Akta Pendirian dan Akta Perubahan yang dimiliki SINERGI FONDATION, menjadi salah satu syarat bahwa Sinergi Fondation merupakan yayasan yang legal.

 

 

Sampai sini, sudah paham kan kalau SINERGI FONDATION ini memang tempatnya bayar zakat secara online yang mudah dan legal? Jadi, udah nggak perlu khawatir, dong! Kalau udah yakin, sekarang kita bahas betapa mudahnya bayar zakat lewat SINERGI FONDATION!

 

 

Mudahnya Zakat Online Bersama SINERGI FONDATION!

Kehadiran SINERGI FONDATION  sangat membantu baik individu maupun perusahaan dalam melakukan bayar zakat di tengah era digital yang menuntut segalanya serba cepat dan mudah ini. Zakat Online, makin mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja bersama SINERGI FONDATION. Bagaimana caranya?

Sahabat Jihan bisa membuka laman untuk Bayar Zakat Online di SINERGI FONDATION disini atau ketik di browser bit.ly/sinergizakat. Kalau sudah di klik, pastinya akan muncul tampilan gambar pilihan zakat seperti di bawah ini :

 

Pilih zakat yang akan dibayarkan. Kalau waktu Ramadhan, pastinya yang dipilih adalah zakat fitrah dong ya.

 

 

Kalau sudah pilih atau memasukkan nominal pembayarannya, pilih donasi sekarang untuk lanjut ke proses berikutnya.

Pilih metode pembayaran, lengkapi data, lalu lanjukan dengan pembayaran langsung. Klik “Lanjut ke Pembayaran” untuk mendapatkan nomor rekening dan kode unik di tiga digit terakhir nomonal pembayaran. Langsung deh bisa bayar.

 

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi dengan klik tombol “konfirmasi”. Jangan lupa screen capture tanda bukti pembayarannya untuk kemudian di upload di laman konfirmasi seperti di bawah ini :

Bagaimana? Mudah, bukan? Sekarang bayar zakat online nggak perlu khawatir lagi. Karena SINERGI FONDATION, Tempatnya Bayar Zakat Online, yang mudah dan legal!

Segara tunaikan zakat teman-teman dengan klik link berikut!

 

 

 

Sumber :

Artikel-artikel di Website Sinergi Fondation

Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat

Lifestyle Blogger Indonesia yang tinggal di Madiun Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *