Laugh

Ngbelog bareng Komunitas theAsianparent, Ini Tips Suksesnya!

Assalamu Alaikum, sahabat Jihan. Akhirnya aku bisa duduk di depan layar laptop dan menuliskan hasil belajar ngeblog bareng komunitas theAsianparent dengan pematerinya Mbak Eni Martini seorang Parenting Blogger pemilik blog www.duniaeni.com. Selain itu, pematerinya ada juga dari SEO specialist theAsiantparent bernama Glugut Hari Pamungkas. Acara ini berlangsung tanggal 6 Mei 2021. Selama 90 menit, Mbak Jessica selaku co founder theAsianparent memandu acara ini.

Sebelum aku ceritakan apa materi yang disampaikan Mbak Eni dan Mas Glugut, aku mau tanya, sahabat Jihan sudah tahu theAsianParent, kan? Sayang banget kalau belum. Karena theAsianparent ini, merupakan komunitas parenting terbesar di Asia Tenggara dengan misi membantu setiap keluarga untuk memperoleh kehidupan yang sehat, kelahiran yang baik, dan pengasuhan anak yang benar.

Karena theAsianparent juga ingin turut serta mengembangkan potensi para Moms utamanya yang hobi ngeblog, maka diadakanlah pelatihan yang berjudul Kiat Jadi Blogger Sukses dan Profesional. Nah, acara ini memang kusus diselenggarakan untuk VIPparents atau memper VIP-nya theAsianparent. Member VIP merupakan member terdaftar yang memenuhi persyaratan tertentu sehingga berhak mendapatkan berbagai benefit dari theAsianparent. Aku pribadi bersyukur mendapat kesempatan belajar bersama theAsianparent. Makin penasaran gimana Kiat Jadi Blogger Sukses dan Professional? Jadi, sukses ngeblog bareng komunitas theAsianparent itu caranya….

 

Sukses Ngeblog Dimulai dari Bikin Blog

Ya, jelas kalau mau menjadi blogger sukses dan profesional pertama kali yang harus dilakukan ya bikin blog. Mbak Eni menyarankan, blognya harus langsung tld (akhiran .com .id, dll) agar terkesan profesional. “Jangan bikin yang gratis,” tegas Mbak Eni. Kelak, blogger akan bekerjasama dengan brand, jadi ya harus keluar modal juga. Sekarang ini banyak sekali wadah untuk membuat domain. Sahabat Jihan bisa langsung saja search di google.

Mbak Eni menyarakan, dalam memilih nama blog diusahakan sesuai dengan tema atau niche yang ingin kita bawakan saat ngeblog. Misalnya, nama duniaemak cocoknya untuk tema parenting dan lain sebagainya. Jadi, pastikan sudah ada gambaran terkait nama dan juga tema yang akan dibahas dalam blog. Karena itu juga berkaitan dengan target pembaca. Memilih tema yang kita sukai, tentunya akan mempengaruhi kekuatan otot dan daya pikir menulis kita. Kalau senang otot dan pikirannya pasti lebih kuat.

Tiga hal yang akan sulit diubah dalam ngeblog adalah, nama domain, niche, dan template. Iya, template kalau bisa seumur hidup nggak usah diubah. Karena itu bisa ngancurin format penulisan blog sebelumnya. Sehingga, pemilihan template berdasarkan tema juga menjadi penting. Selain itu, kenyamanan pembaca juga harus dipertimbangkan. Domain siap, template juga, niche sudah ditentukan, saatnya menulis. Pesan mbak Eni yaitu jangan lupa untuk selalu riset kata kunci dan juga harus konsisten menulis. Minimal seminggu sekali. Sebulan sekali itu terlalu lama.

Dalam menulis blog, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain seperti berikut :

Kiat sukses ngeblog dari Mbak Eni

Sukses Ngeblog dengan Tehnik SEO

Tehnik SEO ini, dipandu oleh tim internal theAsiaparent sendiri, yaitu Glugut hari Pamungkas. Kenapa SEO? Alasannya kata Mas Glugut begini :

  • SEO bisa meningkatkan brand awareness yaitu membangun kepercayaan dan kredibilitas yang bermuara pada Direct.
  • SEO optimasi blog yang murah dan gratis apabila bisa dikerjakan sendiri secara optimal.
  • SEO mampu membantu meningkatkan jumlah pembaca yang sangat besar ke situs kita.
  • SEO juga bisa menjadi investasi yang baik untuk aneka macam bisnis.

Jadi, kalau udah bikin blog, belajar nulis, jangan lupa belajar SEO penting. Aku dulu sempat menyepelekan SEO karena beranggapan yang penting nulis aja. Tapi kan, lama-lama kita juga butuh pembaca. Butuh brand untuk membantu pertumbuhan diri kita. Jadi, ya kalau mau menghasilkan dari blog memang harus ada usaha dan ilmunya.

 

Semangat Sukses Jadi Blogger!

Akhir kata, buat teman-teman yang baru mulai bikin blog, nih. Semangat! Aku sendiri juga baru mulai di tahun 2020 kemarin. Alhamdulillah karena aku senang, jadi ya aku nikmatin prosesku. Terimakasih sudah mau bekrunjung di blogku.

 

 

Aku ingin bercerita tentang hukum yang bisa kita rasakan di sekitar kita dan hal-hal yang membuat hidup kita jadi lebih bermakna dan berwarna

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *