Profesional

Tarif Pengacara, Sebenarnya Berapa? Mahal, ya?

Assalamu Alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Jurnal Jihan. Bagi yang nanya sebenarnya tarif pengacara itu berapa, sih? Mahal ya? Apalagi kalau lihat kehidupan pengacara yang berkesan glamor (yang glamor, ya…) sepertinya kok mahal. Oke, Jihan bakal jelasin, ya. Setiap pengacara bisa berbeda landasan dalam menentukan tarif. Karena memang besarnya tarif itu tidak diatur dalam UU Advokat jadi, pengacara atau advokat berhak menentukan sendiri tarifnya. Tapi pada dasarnya poin-poin berikut yang menjadi acuan:

 

Baca juga :
Bayar Zakat di Lembaga Amil Zakat yang Legal


Biaya Administrasi Perkara

Setiap perkara yang masuk ke pengadilan, pasti ada biaya administrasinya. Selain itu, juga logistik untuk dokumen seperti kertas-kertas, printing, materai, dan keperluan dokumen lainnya dikelompokkan dalam biaya administrasi.

 

Pembuatan Surat atau Dokumen Perkara

Kalau administrasi lebih ke biaya logistik fisiknya, ini lebih ke ilmu yang tak kasat matanya. Iya, bikin dokumen hukum kan butuh ilmu. Tentu ada biaya sendiri dalam pembuatanya. Ya, ini dimasukkan dalam biaya surat atau dokumen perkara.

 

Biaya Transportasi

Pengacara nggak cuma kerja di depan laptop aja. Dia harus menemui pihak-pihak terkait, datang ke pengadilan (kalau harus diselesaikan di pengadilan), ya untuk menyelesaikan masalah klien. Bensin nggak gratis dong. Biaya ini biasanya dihitung menyesuaikan jarak  dan waktu tempuh.

 

Professional Fee

Professional fee disini didasarkan pada pengalaman, kemampuan, dan ilmu pengacara dalam menyelesaikan perkara. Setiap pengacara biasanya punya strategi yang berbeda disinilah biasanya yang membedakan masing-masing tarif pengacara.

 

Biaya Tambahan

Biaya tambahan ini bisa keluar kalau ada sesuatu yang tidak terduga terjadi. Kalau suatu perkara butuh ahli (biasanya disibut saksi ahli) untuk menenrangkan di pengadilan, tentu ada biaya tambahannya.

 

Jadi Total Berapa?

Totalnya biasanya dikatakan langsung oleh pengacara. Iya, setiap pengacara bakal beda. Nggak seperti harga cabe yang relatif sama. Pengacara seperti harga lukisan yang kadang bisa murah sekali atau mahal sekali tergantung pengacranya dan beban perkaranya. Kadang emang bikin orang lain bilang, “Padahal cuma gitu, aja. Kok harganya?” Ya, mungkin orang yang belum paham lukisan akan bilang seperti itu kalau lukisan berkesan mahal di matanya.

Pengacara sesungguhnya tidak hanya membantu menyelesaikan masalah tapi juga menghemat waktu dan biaya. Bayangkan, jika seorang klien punya kesibukan harus mikir sidang, hukum, dan lain sebagainya. Sementara kerjaan tidak bisa ditunda. Berapa kerugian yang sudah diderita akan hal itu? Bantuan pengacara, tentu akan sangat meringankan.

Oh ya, pengacara nggak akan loh menjelaskan rincian biaya-biaya seperti yang aku sebutkan di atas. Yang muncul dari mulut pengacara soal tarif ini, pasti langsung tarif akhir. List di atas, aku bikin untuk memudahkan Sahabat Jihan membayangkan, sebenarnya harga pengacara yang segitu dasarnya apa ya? Oke, pertanyaan sudah terjawab.

 

 

 

 

Lifestyle Blogger Indonesia yang tinggal di Madiun Jawa Timur.

12 Comments

  • Mechta

    Berharap tak pernah alami kasus hukum hingga perlu pengacara, tapj oenting juga tahu ttghal ini. Terima kasih sdh diberi gambaran. Oya, jadi menanyakan tarif di awal kerjasama ini memang wajar kan ya?

  • Fandhy Achmad Romadhon

    oh jadi begini perincian biaya-biaya apa saja yang dikeluarkan untuk menyewa pengacara. Saya baru tahu setelah membaca tulisan ini.
    Saya pikir tarif utuk menyewa pengacara hanyalah sebatas tarif sewa pengacara tanpa biaya-biaya yang lainnya. Selain itu, ternyata memang ya semakin berpengalaman si pengacara maka ssemakin besar juga bayaran yang akann diterima oleh si Pengacara. Tidak mengherankan jika ada salah satu pengacara yang memiliki gaya hidup yang mewah dengan berbagai macam koleksi-koleksi barang mewahnya.

  • ariefpokto

    Semoga saya gak perlu menggunakan jasa pengacara, tapi siapa tahu perlu ya. Saya penasaran soal range harga, pastinya berbeda, kira-kira kisaran harganya berapa ya Mbak ?

  • Elvina Yanti

    Begitu ya, ternyata. Vina ngga pernah berfikir bakalan menggunakan pengacara atau berurusan hukum apa gitu. Karena vina buta hukum banget. Di rugiin sama oramg lain atau penyedia jasa gitu, kaya nerima aja gitu. Saking malesnya buat ribut, hemat tenaga tapi kayanya kurang bagus sih ya.. Tapi sebagai warga Negara yang berlandaskan hukum, pada wajib banget tau, nih. Terimakasih infonya, Mba 🙂

  • lendyagasshi

    Kalau berkaitan dengan jasa tentu juga proesionalitas yaa..
    Dan harga berapapun idealnya ditebus karena memang kalau tidak menggunakan jasa lawyer, masalahnya akan menjadi sulit. Ini yang membuat sekolah profesi itu priceless

    • Dian

      keren mbak jihan, pengacara muda
      hmm jadi berapa nih mbak rate nya, pertama kali berperkara di pengadilan, fi bayar berapa mbak klo boleh tahu

  • Khoirur

    Nahh, yg jadi pertanyaan aku slama ini,,
    Tapi urung siih hehhee
    Smoga aja ga sampe ada hal trtentu yg melibatkan pengacara kecuali punya teman pengacara heheheee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *