Pendidikan

Cari Kampus Wirausaha? Politeknik WBI, Kampus Entrepreneur di Sumatera Utara

Assalamu Alaikum, Sahabat Jihan dan adek-adek yang sedang mencari kampus wirausaha? Nggak ada salahnya loh untuk melirik Kampus Entrepreuner di Sumatera Utara. Nggak jauh, kok! Masih di Indonesia.

"Menuntut ilmu itu bagai nelayan yang berlayar ke lautan. Makin ke tengah, makin banyak hasilnya."

Tahun depan keponakanku, namanya Jasinda sudah bersiap untuk kuliah. Aku sering banget ngasih tahu dia tentang bagaimana memilih kuliah yang sesuai sama diri sendiri dan kebutuhan industri di masa depan.

Blog post kali ini, aku tulis untuk keponakan, saudara, atau mungkin anak, atau malah kamu sendiri yang sedang memilah-milah menentukan jenjang pendidikan perkuliahan yang tepat di masa depan. Apalagi di era industri yang serba kompetitif ini. harus makin selektif dong tentunya.

 

Tips Agar Tidak Salah Pilih Perkuliahan

Aku bilang ke Jasinda, untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya tentang tempat perkulihan dan menggali sedalam-dalamnya tentang diri sendiri  untuk menemukan perkuliahan yang pas. Jadi, langkahnya seperti ini:

Ketahui Apa Minat dan Bakat yang Tersimpan dalam Diri

Minat akan memberikan kekuatan saat kita belajar suatu keahlian tertentu sedangkan bakat adalah anugrah yang sudah dititpkan oleh Tuhan yang harus terus dilatih agar tajam.

Pilih Program Study yang Dibutuhkan Masa Depan

Pilih program study yang dibutuhkan di Industri masa dapan disamping juga minat dan bakat ada di dalamnya. Pastinya, tantangan ke depan itu semakin susah. Anak zaman sekarang, dituntut untuk memiliki satu bidang keahlian tertentu dengan value yang mumpuni.

Ketahui Repurtasi Prodi Kampus

Setelah menemukan program study yang sesuai dengan minat dan bakat diri, aku sarankan pada keponakanku untuk memilih kampus yang memiliki repurtasi dan akreditasi yang baik dengan fasilitas mumpuni untuk menunjang belajarnya nanti.

Belajar di Kampus yang Menonjolkan Karakter Enterpreneurship

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim, entrepreneurship merupakan sebuah karakter atau pola pikir untuk mandiri dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan. Kenapa entrepreneurship ini jadi penting?

Baca Juga :
Seni Mengambil Keputusan dari Perasaan Tidak Nyaman

Kampus Vokasi Politeknik WBI di Sumatera Utara, Mencetak Entrepreneur Unggulan di Indonesia

Berawal dari keprihatinan Martua Sitorus terhadap pertumbuhan wirausaha di Indonesia yang sangat rendah yaitu 0,3% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Hal ini membuat pebisnis sukses asal Indonesia itu mendirikan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (Politeknik WBI) yang merupakan Kampus Entrepreuner di Sumatera Utara.Harapannya, bisa mencetak generasi muda yang kompetitif di dunia wirausaha.

Politeknik WBI ini, memiliki program study Agribisnis Holtikultura, Manajemen Pemasaran Internasional, Akuntansi Perpajakan dan Pengelolaan Konvensi dan Acara. Paling menarik menurutku Program Study Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, WBI karena terbilang masih jarang banget. Apalagi yang sekaligus ajarkan entrepreneurship dengan porsi lebih banyak praktinya.

 

Politeknik WBI sebagai kampus yang bertujuan menghadirkan Pengusaha Muda Kompetitif punya semua nilai-nilai di atas.

 

Politeknik WBI, Kampus Vokasi Mencetak Entrepreneur Muda yang Kompetitif di Indonesia

Sesuai dengan motto Politeknik WBI yakni “Nurturing Entrepreneurs, Empowering Nation”, Politeknik WBI memiliki program pendidikan yang dirancang untuk melahirkan sosok enterpreneur muda yang kompetitif, terdidik, terampil, tangguh sejak berada di bangku kuliah.

Belajar entrepreneurship di kampus vokasi seperti WBI ini, keunggulannya bisa belajar lebih banyak praktik di lapangan dengan mindset entrepreneurship. Sehingga membuat mahasiswa lebih mandriri dan kompetitif dalam menjawab tantangan industri ke depannya.

Value yang diajarkan oleh Politeknik WBI ini, begitu dirasakan oleh salah satu alumni bernama Renggo Kasih. Dalam sebuah vidio (disini) Renggo mengaku sebagai Shipping Staff  logistik dia memiliki jiwa inovatif, kreatif, dan kemandirian yang berbeda dari staff lain.

Berkat bekal dari Kampus Entrepreuner di Sumatera Utara, Renggo mampu adaptif dalam merespon masalah perusahaan. Di samping menjadi seorang profesional, dia juga mampu mengembangkan bisnisnya sendiri yaitu Candy Craft secara serius sejak waktu kuliah.

 

Makin Penasaran?

Yuk, simak vidio ini! Ajak saudara, anak dan lainnya daftar Kampus vokasi mencetak entrepreneur muda Indonesia Kompetitif : Politekni Wilmar Bisnis Indonesia (WBI).  

Lifestyle Blogger Indonesia yang tinggal di Madiun Jawa Timur.

10 Comments

  • Susindra

    Kampus yang fokus pada karakter enterpreneurship seperti ini nih, incaran saya buat anak. Saya memang lebih cenderung ke sekolah dan kampus vokasi. Anak sudah berhasil masuk ke SMK, dan sedang dipersiapkan memikirkan kuliah dengan jurusan yang ia sukai dan butuhkan.

  • Hendra Suhendra

    Wa’alaikumussalaam..

    Paling penting mengetahui minat dan bakat dulu ya. Kalo sudah ketemu bakatnya, baru deh tinggal nyari kampus yang cocok.

    Baru tau nih kampus Vokasi Politekni WBI punya juragan Martua Sitorus. Semoga saja bisa mencetak calon-calon generasi penerus bangsa yang sukses ya… aaamiiin.

  • Bang Doel

    Keren juga kalau kampus menggabungkan pembangunan karakter entrepreneur pada mahasiswanya. Selama ini kan kalau kampus-kampus biasa dapet karakter itu justru dari kegiatan mahasiswa baik internal maupun eksternal. Di kampus cuma belajar materi kuliah doang. Bagus nih Politeknik WBI.

  • Nur Asiyah

    Entah kenapa langsung tertarik dengan kata-kata ‘wirausaha’. Dulu pas kuliah enggak ada pikirian untuk berwirausaha dan sekarang sedikit menyesal.

  • Maria Tanjung Sari

    Kampurnya di Sumatera Utara ya mba ? ternyata bagi warga yang tinggal di Sumatera Utara ga usah jauh-jauh belajar ke pulau JAwa karena sudah ada politeknik WBI yang berkualitas ya. Sudah gitu lulusannya dipersiapkan untuk mencari kerja

  • Wahid Priyono

    Tidak hanya SMK yang tersedia vokasinya, di kuliah juga ada ternyata ya, sehingga lulusannya diharapkan siap bersaing untuk mengisi jabatan di bidang2 karir masyarakat. Politeknik WBI bisa jadi pilihan tentunya.

  • Arai Amelya

    Akutu kalau baca kampus vokasi, bawaannya pengen balik lagi jadi lulusan sekolah menengah biar bisa pilih pendidikan tepat. Asli sih memang vokasi itu mencetak yang siap kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *