Sehat

Inspirasi Segar Menyehatkan dari Yummy App

Assalamu Alaikum Sahabat Jihan. Masya Allah, ya…. pandemi udah satu setengah tahun lebih nggak kunjung usai. Akhirnya aku tergerak memulai gaya hidup sehat. Apalagi, setelah Mbak Iparku bulan Februari 2021 lalu meninggal.

Tahun 2021 ini, aku pribadi banyak sekali mendengar kabar duka. Dari gorup whatshapp, masjid sekitar rumah, bahkan dari keluarga besarku sendiri. Kakak iparku, bukanlah korban covid 19 sebenarnya. Namun, ada kaitannya.

Kanker yang diderita sejak 5 tahun lalu, bertambah parah. Saat rumah sakit menjadi tempat yang seram bagi mertua dan keluarga kakak iparku, ketika berita kematian karena covid menyeruak. Akhirnya, kakak iparku terlambat mendapatkan pertolongan medis.

Menyaksikan detik-detik terakhir sebelum kematiannya, membuatku paham betapa berharganya tubuh kita. Tarikan nafas yang berat, menggambarkan betapa berharganya oksigen.

Kakak iparku ini, usianya belum ada 40 tahun. Beliau wafat meninggalkan dua orang anak berumur 10 tahun dan 3 tahun. Diagnosa terakhir, ternyata ada kanker ganas yang sudah menyerang otak dan menjalar ke paru-paru.

Aku sendiri belum mendapat penjelasan lebih dalam tentang penyebabnya. Pastinya, anak turunan dan saudara keluarga besar dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat agar penyakit yang dialami kakak iparku ini tidak dialami anggota keluarga lainnya.

 

Memulai Gaya Hidup Sehat

Sebagai umat muslim, aku percaya hidup sehat bagian dari ibadah.

Aku bersyukur sampai hari ini belum merasakan covid. Tapi bukan berarti aku santai, ya. Diantara aktivitasku yang masih harus keluar rumah untuk pekerjaan, ada perasaan was-was karena covid bisa saja menyerang siapa saja tanpa kenal status dan usia.

Apalagi kalau kebayang kakak iparku yang tergolek lemah kala itu, aduh rasanya berdoa aja semoga selalu diajaga dalam keadaan sehat. Nggak kebayang kalau sakit rasanya udah badan nggak enak, nggak bisa ngapa-ngapain dan masih harus mengeluarkan biaya yang nggak sedikit.

Makannya, aku mulai belajar gaya hidup sehat. Ini juga bagian dari caraku beryukur atas kesehatan yang Allah berikan. Dan semoga dengan aku menjaganya ini, aku bisa menjalani hidup yang lebih bermanfaat.

Selain menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, rupanya gaya hidup sehat ini juga bikin kita lebih disiplin dan selalu berpikir positif, loh. Jujur, aku masih belajar menerapkan gaya hidup sehat ini. Yuk, belajar sama-sama.

Dimulai dari Tidur Berkualitas

Tidur yang berkualitas untuk orang dewasa khusunya 26 – 64 tahun itu berkisar 7 sampai 9 jam. Dan tidur yang baik itu dimulai antara pukul 20.00-24.00. Aku sendiri masih belajar memulai tidur pukul 22.00 dan bangun pukul 05.00.

Berlatih tidur berkualitas ini juga membuatku belajar lebih disiplin. Karena mengupayakan untuk tidak mengerjakan pekerjaan sampai larut malam.

Bangun Pagi

Menurut penelitian, kadar kortisol mencapai tingkat tertinggi di waktu pagi yaitu subuh. Kortisol merupakan hormon yang memberi tenaga pada tubuh. Makannya, kalau bangun pagi sebenarnya bikin badan lebih bugar dan pikiran jadi lebih positif untuk memulai hari.

Olahraga Tertur

Setelah bangun pagi, disusul dengan olahraga untuk melatih otot-otot tubuh kita. Dengan berolahraga tubuh lebih bugar dan sehat.

Berhenti Konsumsi Gula Putih

Aku baru tahu kalau gula putih itu jahat setelah Mbak Iparku diminta dokternya untuk berhenti menkonsumsi gula putih. Jadi pemanisnya ya gula kelapa, gula aren, gula stevia, gula singkong, dan madu. Aku pribadi masih belajar juga ini pakai madu dan gula kelapa.

Mengkonsumsi Makanan yang Baik

Tidak makan makanan yang mengandung pengawet, pemanis buatan, penyedap rasa, pewarna buatan, dan menghindari makanan instan, olahan, serta cepat saji. Untukku yang terbiasa asal makan aja ini, dulunya berat.

Alhamdulillah sejak kehadiran anak, aku jadi belajar MPASI, makanan bernutrisi dan juga bergizi. Akhirnya akunya juga ikut termotivasi untuk menyediakan bahan makanan sehat. Sebenarnya, sih ya tinggal beli sayur mayur, lauk, buah di pasar aja terus simpan.

Aku juga lebih disiplin juga sih, karena aku nggak mau anakku makan sembarangan seperti mie instan, makanan olahan yang banyak pengawetnya, dan manis-manis gitu, ya jadi kebawa juga akunya menghindari makanan seperti itu.

Oke, dalam menyediakan bahan makanan, aku pribadi nggak ada masalah sekarang. Bagaimana dengan masak? Lumayan berat juga sih, dulu. Sekarang, aku tuh dibantu sama aplikasi Yummy App. Fiturnya tuh keren banget. Simak ya….

 

Inspirasi Segar-segar Sehat dari Yummy App

Agustus ini di tempatku panasanya ngerak banget (ngerak itu, sampai kering gitu, loh). Bagaimana di tempat kalian? Kalau sama kita tos dulu. Jadi sepakat, kan kalau kaya gini enak minum es yang segar-segar gitu.

Karena sering kali waktu belanja itu aku nggak punya rencana mau bikin apa, akhirnya yang aku beli ya kira-kira bahan apa yang menyehatkan gitu, loh. Nah kebetulan aku punya bahan-bahan ini :

 

Enaknya dibikin Apa ya? Cari di Fitur Masak Yummy App, Yuk!

Untung ada Yummy App. Kalau bingung mau bikin apa, tinggal pakai Fitur Masak atau Fitur Memilih Bahan dari Yummy App. Caranya gampang banget.

 

Masak Sesuaikan Budget Juga Bisa Pakai Yummy App

Belakangan aku juga terbantu dengan fitur Yummy App yang satu ini. Namanya Fitur Filter Budget. Jadi, kalau dalam waktu satu minggu aku anggarain uang belanja misalnya Rp 300.000, terus per harinya kurang lebih Rp 50.000 enaknya mau belanja apa ya?

Eh, sebelum ngomongin belanja apa. Ya, cari tahu dulu Rp 50.000 kira-kira bakal masak apa ya? Nah ini, aku risetnya (aduh riset, cari tahulah intinya) pakai aplikasi Yummy App Fitur Filter Harga. Caranya:

Ini Buat Kamu yang Suka Masak!

Kalau aku belum pernah pakai fitur ini. Barang kali deh, sahabat Jihan yang jago masak lewat sini. Fitur Komunitas yummy App ini, perlu Sahabat coba. Selain meningkatkan personal brandingmu sebagai cooking enthusiast, juga bisa hasilin cuan dengan upload resep kreasimu. Aku kasih tahu caranya, nih!

Yummy App Lebih Mudah #BebasMasakApaSaja

Kalau soal hidup sehat, aku masih belajar nih. Ya sementara beli bahan-bahan makanan yang sehat aja. Masalah masak aku serahkan sama Yummy App. Jadi, bahan-bahan tadi aku ketik semua di Fitur Masak, munculah resep ini.

Kebukti, kan! Aku bingung masak apa, adanya bahan di kulkas apa tinggal cari aja resepnya di Yummy App pasti ada.

Aplikasi ini juga ngebantu banget waktu bikin budget belanjaan harian, mingguan, bahkan bulanan. Dapurku jadi lebih tertata.

Yummy app juga bisa kasih kamu uang belanja tambahan. Iya, buat kamu yang suka kreasi masakan upload Yummy App, pasti cuan dengan syarat dan ketentuan berlaku pastinya.

Mau tahu bahan-bahan olahanku tadi jadi apa?

Inspirasi Sehat Menyegarkan dari Yummy App

Yuk, Instal Segera Aplikasi Yummy App!

Fiturnya menarik banget, kan. Makannya buruan instal aplikasi Yummy App di smart phone kamu, lewat google play, app store, atau klik disini!

 

 

Lifestyle Blogger Indonesia yang tinggal di Madiun Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *