Blogger & Pengacara Jawa Timur

Assalamu Alaikum Sahabat Jihan. Terimakasih sudah mampir ke blog saya. Perkenalkan, nama saya Jihan.  Saya seorang lawyer yang hobi menulis dan masih belajar menjadi Ibu serta isteri. Blog ini lahir sebagai ruang aktualisasi diri saya untuk menulis. Karena berkutat di dunia hukum, maka banyak tulisan di blog ini bertema hukum. Kebetulan, saat saya berdomisili di Madiun, Jadi, dalam menjalankan profesi pengacara madiun, saya beracara di wilayah sekitar Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi dan sekitarnya. 

Saya menempuh pendidikan di SMA Negeri 3 Madiun dan menghabiskan masa kuliah di Universitas Airlangga Surabaya. Saya mendapatkan gelar sarjana hukum pada tahun 2015. Sempat menjadi wartawan hukum di Media Nasional Tempo dengan penempatan wilayah Jawa Timur setelah lulus kuliah sampai akhirnya memutuskan untuk mengambil pendidikan Advokat dan ikut tesnya di tahun 2017. Alhamdulillah tahun 2018 sudah mendapat lisensi Advokat dari PERADI setelah mengikuti magang di kantor Advokat Madiun dan Surabaya. Meskipun saya bertempat tinggal di Madiun, namun wilayah kerjanya seluruh Indonesia.

Karena sejak kecil hobi menulis, maka apapun profesi saya ya tetap ingin menulis. Oleh karenanya, blog jurnaljihan.com ini saya buat sebagai wadah aktualisasi diri saya untuk menulis. Bagi saya, menulis adalah cara untuk berbagi dan berkreasi. Hukum dan gaya hidup perempuan menjadi pilihan niche saya di blog ini karena dua hal itulah yang berkaitan dengan kehidupan saya sehari-hari.

 

Tentang Jihan Sebagai Pengacara Madiun

Profesi saya satu ini, merupakan profesi warisan dari almarhum Ayah saya. Beliau dulunya seorang Pengacara Madiun sejak tahun 2000. Jihan kecil terbiasa melihat Ayahnya menemui klien dan mengerjakan berkas perkara. Bahkan waktu SMA sudah dikenalkan dengan dokumen-dokumen gugatan yang sifatnya ringan. Karena lingkungan keluarga itulah, saya mengambil jurusan Ilmu Hukum saat kuliah.

Alhamdulillah, saya menyelesaikan kuliah dengan baik. Lulus 3,5 tahun dengan IPK 3,49. Skripsi saya yang berjudul Public Privat Partnership di Bidang Ketenagalistrikan pun mendapat sambutan hangat dari dosen penguji. Setelah lulus, bahkan sebelum wisuda saya sudah mendapat pekerjaan di salah satu Law Firm di Surabaya. Sampai akhirnya saya mendapatkan kesempatan mengawinkan kemampuan menulis saya dan ilmu hukum yang telah saya pelajari dengan berprofesi sebagai wartawan hukum.

Saya pindah ke Madiun pada tahun 2017 setelah Ayah wafat. Karena tidak ada kantor di Madiun yang cocok dengan saya, akhirnya memutuskan untuk membuka kantor sendiri di Kota Pecel ini. Sempat menimba ilmu tentang menejemen kantor hukum selama beberapa bulan bersama alumni Airlangga di Jakarta. Dari situ, saya mendapatkan banyak insight yang membuat saya berani praktik sendiri di Kota tempat kelahiran saya ini.

Pada tahun 2018, saya mendapatkan lisensi dari PERADI dan sudah menangani berbagai kasus seperti hukum keluarga, perbankan, perdata, pertanahan, dan lain sebagainya.

 

Tentang Jihan Sebagai Lifestyle Blogger Indonesia

Saya memutuskan menjadi blogger di tahun 2019. Alasannya karena jemari mulai gatal ingin menulis lagi. Dulu waktu SMA sebenarnya pernah punya blog di blogspot. Kemudian waktu kuliah ganti di tumbrl dan kompasiana, sampai akhirnya saya jadi wartawan dan membuat saya sama sekali tidak menulis di akun pribadi karena tidak sempat.

Melepas profesi wartawan, rupanya tidak membuat insting menulis saya hilang. Justru saya ingin mengasahnya lagi lebih dalam. Media blog saya pilih karena di era digital ini, memungkinkan tulisan saya terpublikasi dengan cepat. Terlebih, belajar blog di era sekarang ini membuat saya tetap melek teknologi yang perkembangannya begitu pesat sekali.

Saya merasa beruntung bisa bertemu kemonitas-komunitas blogger di Jakarta dan kota besar lainnya seperti Indonesian Social Blogpreneur (ISB), Kumpulan Emak Blogger (KEB), Blogger Perempuan Network (BPN), Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), Bloggercrony, dan Indonesian Hijab Blogger.  Saya juga tergabung di dalam Mominfluencer.id kominitas Ibu-ibu yang gemar belajar dan aktif di media sosial untuk menyebarkan value positif kepada ibu-ibu lainnya.

Dari komunitas-komunitas tersebut saya banyak belajar. Tidak hanya soal blogger tapi juga soal media sosial dan media yang digemari di era digital saat ini. Untuk saat ini, saya fokus belajar hukum dan menulis selain menjadi Ibu untuk anak saya.

Apabila di blog ini ada desain-desain yang di luar kemampuan saya, itu merupakan campur tangan suami saya. Kebetulan suami saya mantan editor TV lokal, sehingga bisa membantu saya dalam membuat konten berbentuk infografis, foto, vidio, dan berbagai desain grafis untuk menungjang tampilan blog.

 

 

Tentang Jihan Sebagai Ibu dan Isteri

Sebagai seorang Ibu dan Isteri yang memiliki peran di sisi lain, saya memang tergolong tidak sempurna. Saya memasak sekedarnya, tapi saya suka belajar parenting dan menejemen keuangan untuk keluarga. Sebagian hasil belajarnya saya tulis di blog meskipun tidak banyak. Untuk mendukung peran ini, saya ikut komunitas Keluarga Kita. Disana, saya belajar tentang keluarga dan parenting.

 

 

Kolaborasi Bareng Jihan, Yuk!

Saya senang sekali bisa berkenalan dengan teman-teman pembaca yang sudah sampai di halaman ini. Apalagi, kalau kita bisa menjalin kerja sama. Tentu saja, dalam menjalin kerja sama ini harus ada irisan value antara saya dan teman-teman sekalian. Selain itu, harus jelas juga bentuk kerja samanya. Sebagai lawyer dan lifestyle blogger aku bisa membantu teman-teman dalam hal:

  • Media partner di blog dan seluruh media sosial jurnaljihan (review, backlink, visit store,  dan liputan event, atau undangan menulis seputar hukum dan gaya hidup perempuan)
  • Membantu membuat berbagai tulisan bertema hukum (artikel hukum, konten hukum, booklet hukum yang bukan untuk kepentingan publikasi ilmiah)
  • Narasumber atau moderator dalam seminar
  • Membantu untuk melakukan penelitian hukum
  • Konsultasi hukum
  • Pendampingan atau advokasi hukum
  • Pengurusan legalitas (izin usaha, merk, badan usaha, dll)
  • Analisa kontrak
  • Menghubungkan PPAT di sekitar Madiun, Ponorogo, Magetan, untuk balik nama.

Untuk lebih jelasnya, sahabat Jihan bisa klik disini, untuk mendalami kemampuan saya. Siapa tahu, ada yang bisa kita kolaborasikan bersama. Untuk selanjutnya, bisa kontak saya berikut ini :

 

 

Portfolio Lifestyle Blogger dan Pengacara Madiun Disini.

Bagaimana? Apakah teman-teman tertarik bekerja sama dengan saya? Kalau masih belum yakin, bisa kunjungi dulu halaman  portfolio saya. Sedangkan ketentuan kerja samanya, bisa dilihat disini. Terimakasih sudah respon sama profil aku. Siapa tahu kita jodoh, ya kan?